Wednesday, July 12, 2017

CONTOH RPPM PAUD (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) disusun untuk pembelajaran selama satu minggu.  RPPM dijabarkan dari Program Semester.
RPPM berisi: 
(1) Identitas program layanan, 
(2) KD yang dipilih, 
(3) materi pembelajaran, dan 
(4) rencana kegiatan.

  A.    Identitas program memuat:
1.      Nama Satuan PAUD adalah nama satuan PAUD yang menyusun RPPM
2.      Semester /bulan/minggu yang keberapa
3.      Tema / Sub Tema / Sub-sub Tema diambil dari tema/sub tema/sub-sub tema yang disusun di program semester.
4.      Kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran program 

 Pada akhir  satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema. Puncak tema merupakan kegiatan penyimpul bagi anak-anak terkait dengan semua konsep, aktivitas yang dilakukan sepanjang tema berlangsung. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain pameran hasil karya,  kunjungan wisata, kegiatan bersama orangtua, panen bersama, pertunjukan sosio drama, bazar makanan dan minuman hasil masakan anak dan orangtua, dan lain-lain. Sebagai contoh ketika mengambil tema Sepeda, puncak tema dapat berupa kegiatan bersepeda gembira bersama keluarga. Ketika mengambil tema Kupu-kupu, kegiatan puncak temanya menanam tanaman bunga di sekitar halaman sekolah, atau melepas kupu-kupu hasil pembiakan anak

B.  Kompetensi Dasar
         1.   KD yang ditetapkan dalam RPPM sesuai dengan KD yang sudah ditetapkan di Program Semester.
         2.        KD yang diambil sesuai dengan tema yang sudah dialokasikan.
         3.        Komposisi KD yang diambil mewakili seluruh program pengembangan (nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni)
           4.        KD untuk sub tema atau sub-sub tema dapat diambil seluruhnya atau hanya sebagian dari KD yang ada di tema.
           5.        KD yang sudah dipilih dapat diulang kembali untuk digunakan di tema lainnya.
           6.        Penulisan KD dapat dituliskan dengan urutan angka atau dituliskan secara utuh.
           7.        Penempatan KD dapat masuk ke dalam kolom atau ditulis di atas setelah identitas program.
 
C.Materi Pembelajaran 
1.     Materi pembelajaran diambil dari materi pembelajaran yang sudah dijabarkan di KTSP
2.     Banyaknya materi pembelajaran yang diambil disesuaikan dengan kemampuan belajar anak. 
3.     Materi pengembangan sikap dimasukkan ke dalam SOP dan menjadi pembiasaan yang diterapkan sehari-hari sepanjang tahun. 
4.     Materi pengembangan sikap yang telah dimasukkan ke dalam SOP terus diterapkan walaupun tidak lagi dicantumkan dalam RPPM. 
5.     Materi pembelajaran dikaitkan dengan tema/ sub tema/ sub-sub tema. 
6.     Materi pelajaran untuk satu tema/sub tema/ sub-sub tema akan diulang-ulang sesuai dengan alokasi waktu RPPM untuk penguatan kemampuan anak. 
7.     Materi pembelajaran dalam RPPM akan dibahas dan diulang-ulang selama 1 minggu 
8.     Materi pembelajaran sebagai pengayaan pengalaman belajar, bukan komponen yang harus dikuasai anak.

    D.   Rencana Kegiatan 
1.     Rencana kegiatan berisi beberapa rencana kegiatan yang dapat diikuti anak. 
2.     Rencana kegiatan harus menarik dan membolehkan anak-anak untuk memilih dari banyak kegiatan yang disiapkan guru. 
3.     Rencana kegiatan untuk 1 minggu harus bervariasi agar anak tidak bosan. 
4.     Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan berbeda untuk tetap menjaga minat belajar anak dan agar anak memiliki pengalaman belajar yang beragam. 
5.     Rencana kegiatan harus dapat mencerminkan pendekatan saintifik 
6.     Rencana kegiatan memperhatikan model pembelajaran (area, sentra, sudut, kelompok dengan kegiatan pengaman) yang digunakan di setiap satuan PAUD. 
7.     Rencana kegiatan untuk satu minggu memberi pengalaman nyata anak dengan bermain balok, drama, alam, dll. 
8.     Materi pembelajaran diulang setiap harinya selama alokasi waktu yang ditetapkan di RPPM tetapi dengan kegiatan yang berbeda. Tujuannya agar anak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dengan pengalaman belajar yang menarik sehingga tidak membosankan. 
9.     Rencana Kegiatan disesuaikan dengan tema. 
10.  Untuk menunjukkan kebermaknaan pelaksanaan pembelajaran tematik, setiap akhir tema dikuatkan dengan kegiatan puncak tema. 
11.  Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukkan, panen tanaman dan kunjungan.

(Sumber : Pedoman Penyusunan RPP PAUD, Kemendikbud 2015)

Contoh RPPM model Format Kolom






No comments:

Post a Comment