Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) disusun
untuk pembelajaran selama satu minggu. RPPM
dijabarkan dari Program Semester.
RPPM berisi:
(1) Identitas program layanan,
(2) KD yang
dipilih,
(3) materi pembelajaran, dan
(4) rencana kegiatan.
A.
Identitas program memuat:
1. Nama Satuan PAUD adalah nama satuan PAUD yang menyusun RPPM
2. Semester /bulan/minggu yang keberapa
3. Tema / Sub Tema / Sub-sub Tema diambil dari tema/sub
tema/sub-sub tema yang disusun di program semester.
4. Kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran program
Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan
kegiatan puncak tema. Puncak tema merupakan kegiatan penyimpul bagi
anak-anak terkait dengan semua konsep, aktivitas yang dilakukan sepanjang tema
berlangsung. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain pameran hasil
karya, kunjungan wisata, kegiatan bersama
orangtua, panen bersama, pertunjukan sosio drama, bazar makanan dan minuman
hasil masakan anak dan orangtua, dan lain-lain. Sebagai contoh ketika mengambil
tema Sepeda, puncak tema dapat berupa kegiatan
bersepeda gembira bersama keluarga. Ketika mengambil tema Kupu-kupu, kegiatan
puncak temanya menanam tanaman bunga di sekitar halaman sekolah, atau melepas
kupu-kupu hasil pembiakan anak
B. Kompetensi Dasar
1. KD
yang ditetapkan dalam RPPM sesuai dengan KD yang sudah ditetapkan di Program
Semester.
2.
KD
yang diambil sesuai dengan tema yang sudah dialokasikan.
3.
Komposisi
KD yang diambil mewakili seluruh program pengembangan (nilai agama dan moral,
fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni)
4.
KD
untuk sub tema atau sub-sub tema dapat diambil seluruhnya atau hanya sebagian
dari KD yang ada di tema.
5.
KD
yang sudah dipilih dapat diulang kembali untuk digunakan di tema lainnya.
6.
Penulisan
KD dapat dituliskan dengan urutan angka atau dituliskan secara utuh.
7.
Penempatan
KD dapat masuk ke dalam kolom atau ditulis di atas setelah identitas program.
C.Materi
Pembelajaran
1. Materi pembelajaran diambil dari materi pembelajaran yang
sudah dijabarkan di KTSP
2. Banyaknya materi pembelajaran yang diambil disesuaikan dengan
kemampuan belajar anak.
3. Materi pengembangan sikap dimasukkan ke dalam SOP dan menjadi
pembiasaan yang diterapkan sehari-hari sepanjang tahun.
4. Materi pengembangan sikap yang telah dimasukkan ke dalam SOP
terus diterapkan walaupun tidak lagi dicantumkan dalam RPPM.
5. Materi pembelajaran dikaitkan dengan tema/ sub tema/ sub-sub
tema.
6. Materi pelajaran untuk satu tema/sub tema/ sub-sub tema akan
diulang-ulang sesuai dengan alokasi waktu RPPM untuk penguatan kemampuan anak.
7. Materi pembelajaran dalam RPPM akan dibahas dan diulang-ulang
selama 1 minggu
8. Materi pembelajaran sebagai pengayaan pengalaman belajar,
bukan komponen yang harus dikuasai anak.
D. Rencana Kegiatan
1. Rencana kegiatan berisi beberapa rencana kegiatan yang dapat
diikuti anak.
2. Rencana kegiatan harus menarik dan membolehkan anak-anak
untuk memilih dari banyak kegiatan yang disiapkan guru.
3. Rencana kegiatan untuk 1 minggu harus bervariasi agar anak
tidak bosan.
4. Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4
kegiatan berbeda untuk tetap menjaga minat belajar anak dan agar anak memiliki
pengalaman belajar yang beragam.
5. Rencana kegiatan harus dapat
mencerminkan pendekatan saintifik
6. Rencana kegiatan memperhatikan model
pembelajaran (area, sentra, sudut,
kelompok dengan kegiatan pengaman) yang digunakan di setiap satuan PAUD.
7. Rencana kegiatan untuk satu minggu memberi pengalaman nyata
anak dengan bermain balok, drama, alam, dll.
8. Materi pembelajaran diulang setiap harinya selama alokasi
waktu yang ditetapkan di RPPM tetapi dengan kegiatan yang berbeda. Tujuannya
agar anak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dengan pengalaman belajar
yang menarik sehingga tidak membosankan.
9. Rencana Kegiatan disesuaikan dengan tema.
10. Untuk menunjukkan kebermaknaan
pelaksanaan pembelajaran tematik, setiap akhir
tema dikuatkan dengan kegiatan puncak tema.
11. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara
lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukkan,
panen tanaman dan kunjungan.
(Sumber : Pedoman Penyusunan RPP PAUD, Kemendikbud 2015)
Contoh RPPM model Format Kolom
No comments:
Post a Comment