MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 2-4
TAHUN
No
|
Aspek Pengembangan
|
Indikator kemampuan
pd kelompok usia
|
|
2 - 3 tahun
(A)
|
3 - 4 tahun (B)
|
||
1
|
Moral dan nilai-nilai agama (PAI)
|
1.
bersenandung lagu keagamaan
|
1. mengikuti nyanyian lagu keagamaan
|
2.
mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah
melakukan kegiatan serta menirukan sikap berdoa
|
2. mengikuti bacaan doa dengan lengkap sebelum
melakukan kegiatan dan menirukan sikap berdoa
|
||
3.
menirukan gerakan beribadah
|
3 menirukan
gerakan beribadah dengan tertib
|
||
4.
mendengarkan cerita tentang kebesaran Tuhan
|
4 Menyebutkan
contoh ciptaan Tuhan secara sederhana
|
||
5.
menyayangi orang tua, orang disekeliling, teman,
binatang dan tanaman.
|
5 menyayangi
orang tua, orang disekeliling, teman, guru, pembantu, binatang dan tanaman.
|
||
6.
mengenal nama Tuhan (sesuai agama masing-masing)
|
6 menyebut
nama Tuhan (sesuai agama masing-masing)
|
||
7.
merasakan, ditunjukkan rasa sayang cinta kasih
melalui belaian/rangkulan.
|
7 merasakan,
ditunjukkan rasa sayang cinta kasih melalui belaian/rangkulan.
|
||
8.
mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu
(dengan dorongan)
|
8 mengucapkan terima kasih setelah menerima
sesuatu (diingatkan)
|
||
9.
mengucapkan salam
|
9 mengucapkan
salam
|
||
10. mengucapkan
kata-kata santun (maaf, tolong)
|
10 mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong)
11 menghargai teman dan tidak memaksakan
kehendak
12 menirukan kegiatan/pekerjaan orang dewasa.
|
||
2
|
Fisik (FM)
|
1.
berjalan stabil
2.
berjalan mundur
3.
naik-turun tangga dengan berpegangan
4.
memanjat
5.
berjalan mengikuti jejak secara lurus atau melingkar
6.
berlari tanpa jatuh
7.
mengikuti gerakan binatang
8.
menendang, menangkap dan melempar bola dari jarak
dekat
9.
melompat dengan 2 kaki sekaligus
10. masuk
ke dalam gorong-gorong (meja, kursi yg disusun, kardus)
11. membedakan
permukaan 3 jenis benda melalui perabaan
12. menuang
(air, beras, biji-bijian)
13. menunjuk
mata boneka
14. merobek
lurus
15. melipat
kertas sembarangan
16. membuat
garis acat (mencoret-coret)
|
1. berjalan dengan stabil (keseimbangan tubuh semakin baik)
2 naik
turun tangga tanpa berpegangan
3 memanjat
4 berjalan di titian dengan jarak 20 cm
5 berlari dengan stabil atau berlari
ditempat
6 senam menirukan gerakan binatang
7 menendang,
menangkat dan melempar bola dengan jarak lebih jauh
8 melompat
dengan satu kaki bergantian
9 merayap
dan merangkaklurus ke depan
10 berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung
jari kaki)
11 membedakan permukaan 5 jenis benda melalui
perabaan
12 menuang (air, biji-bijian) tanpa tumpah
13 memegang benda kecil dengan telunjuk dan ibu
jari
14 Menggunting sembarangan
15 Melipat kertas mengikuti garis
16 membuat garis lurus, vertikal, melengkung
|
3
|
Bahasa (Bhs)
|
1.
mengenal suara-suara di sekitarnya (orang-orang
terdekat, binatang, benda, dll) dan menirukan suara beberapa binatang
2.
menyatakan dalam kalimat pendek, 2-4 kata
3.
mengerti dan melaksanakan 1 perintah
4.
mengajukan pertanyaan
5.
menyebutkan nama benda
6.
tertarik pada gambar dalam buku
|
1 mengenal,
menirukan dan mengetahui suara-suara benda dan binatang
2 menyatakan dengan 4-5 kata
3 mengerti
dan melaksanakan 2 perintah
4 mengajukan
pertanyaan lebih banyak
5 menyebutkan
nama benda dan fungsi
7 minta
dibacakan buku
|
4
|
Kognitif (kog)
|
1.
mengelompokkan benda yang sama
2.
mengelompokkan 2 bentuk (lingkaran dan bujur sangkar)
3.
membedakan besar-kecil
4.
membedakan rasa
5.
mengulang bilangan 1-5
6.
mengelompokkan warna (2 warna)
|
1 mengelompokkan benda yang sama dan sejenis
2 menyebutkan 4 bentuk (lingkaran, bujur
sangkar, segi tiga, segi panjang)
3 membedakan besar kecil, panjang pendek (2
dimensi)
4 membedakan rasa
5 Membedakan bau
6 menyebutkan bilangan 1-10 tanpa mengenal
konsep
7 mengelompokkan warna (> 5 warna) dan
menyebutkan warna
|
5
|
Sosial-emosional (Se)
|
1.
mengenal etiket makan dan jadwal makan teratur
2.
mulai dapat berbagi
3.
mulai mahir menggunakan toilet (WC),
dibantu/diingatkan
4.
dapat ditinggalkan orang tuanya
5.
dapat memilih kegiatan sendiri
6.
menunjukkan ekspresi wajah saat marah, sedih, takut
7.
menjadi pendengar yang baik
8.
latihan membereskan alat permainan
|
1 mengenal etiket makan dan jadwal makan
teratur
2 terbiasa dengan berbagi
3 terbiasa menggunakan toilet (WC)
4 tidak menangis jika berpisah dengan orang
tuanya
5 dapat memilih kegiatan sendiri
6 menunjukkan ekspresi wajah saat marah,
sedih, takut
7 menjadi pendengar dan pembicara yang baik
8 membereskan mainan setelah selesai bermain
9 Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri
10 mengenal
peraturan dan megikuti peraturan
11 mengerti
akibat jika melakukan kesalahan/melanggar aturan
12 memiliki
kebiasaan teratur
|
6
|
Seni (Sn)
|
1.
mendengarkan musik dan mengikuti irama
2.
bertepuk tangan dengan variasi
3.
memukul-mukul benda dengan tangan
|
1 menggerakkan tangan jika mendengar musik
2 menyanyikan bagian lagu sesuai irama
3 bertepuk tangan membentuk
irama
4 membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
5 melukis dengan
jari
|
MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 4-6
TAHUN
|
|||
No
|
Aspek Pengembangan
|
Indikator kemampuan
pd kelompok usia
|
|
> 4-5 tahun (A)
|
5-6 tahun (B)
|
||
1
|
Moral dan nilai-nilai agama (PAI)
|
1.
Menyanyikan lagu keagamaan
2.
berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan
sikap berdoa
3.
dapat melakukan gerakan beribadah
4.
membedakan ciptaan Tuhan dengan buatan manusia
5.
menyayangi orang tua, orang disekeliling, teman,
guru, pembantu, binatang dan tanaman
6.
mengenal/memahami sifat-sifat Tuhan (Maha Pengasih
dll
7.
merasakan/ditunjuk rasa sayang, cinta kasih melalui
belaian/rangkulan
8.
selalu mengucapkan terima kasih setelah menerima
sesuatu
9.
mengucapkan salam
10. mengucapkan
kata2 santun (maaf, tolong)
11. menghargai
teman dan tidak memaksakan kehendak
12. membantu
pekerjaan ringan orang dewasa
|
1.
Menyanyikan lagu keagamaan
2.
Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
yang dilakukan dengan sikap yang benar
3.
dapat melakukan ibadah
4.
membedakan ciptaan Tuhan dengan buatan manusia
5.
menyayangi semua ciptaan Tuhan dan menunjukkan
perilaku memelihara citaan Tuhan
6.
menunjukkan perilaku atas dasar keyakinan adanya
Tuhan Yang Maha Tahu yang mendengar
7.
merasakan/ditunjukkan rasa sayang cinta kasih melalui
belaian/rangkulan
8.
selalu megucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu
9.
mengucapkan salam
10. mengucapkan
kata2 santun (maaf, tolong)
11. menghargai
teman dan tidak memaksakan kehendak
12. menolong
teman dan orang dewasa
|
2
|
Fisik
|
1.
berjalan dengan berbagai variasi (maju, mundur, ke
samping, diatas satu garis)
2.
naik turun tangga tanpa berpegangan
3.
memanjat dan bergelantungan/berayun
4.
berjalan diatas papan titian (keseimbangan tubuh) 40
cm
5.
berlari dengan stabil
6.
senam dengan gerakan sendiri
7.
menendang, manangkap dan melempar bola dengan jarak
3-4 cm
8.
melompati parit/guling
9.
merayap dan merangkak lurus ke depan
10. berjingkat
11.
|
1.
berjalan dengan berbagai variasi lebih lancar
2.
naik turun tangga tanpa berpegangan
3.
memanjat dan berayun
4.
berjalan di atas papan titian dengan membawa benda
5.
berlari luurus
6.
senam dengan gerakan sendiri
7.
menendang, menangkap dan melempar bola denganjarak
lebih jauh serta bermain bola keranjang
8.
melompat dengan 1 dan 2 kaki secara bervariasi
9.
merangkap dan merayap dengan berbagai variasi
|
Kesehatan dan Gizi
|
|||
|
Gizi seimbang
|
o
makanan keluarga dengan gizi seimbang
o
biasakan makan sayur dan buah
o
pemberian kapsul vit A
|
* makanan keluarga dengan gizi seimbang
* biasakan makan sayur dan buah
* pemberian
kapsul vit A
|
2
|
Deteksi dini pertumbuhan anak
|
o
timbang BB secara teratur, ukur TB/PB
o
deteksi kemampuan berdiri dengan 1 kakitanpa
berpegangan dan melepas pakaian sendiri
o
deteksi keseimbangan otak, mata
o
anak mandi dengan benarkebersihan lingkungan
anak
o
perawatan gigi & mulut
o
|
|
No comments:
Post a Comment