AKREDITASI PAUD 2018

1. INSTRUMEN AKREDITASI PAUD BAN PNF 2014 format PDF silakan download DI SINI
2. BAN KISI-KISI INSTRUMEN AKREDITASI PAUD format PDF silakan download DI SINI
3. RUBRIK PENILAIAN BAN PAUD silakan download format PDF DI SINI

STANDAR 1 (2018)
Standar 1 STPPA terdiri dari 3 Indikator dalam RUBRIK Penilaian BAN PAUD, dimasukkan dalam 3 map.
1.   Pencapaian Perkembangan (Dokumen STPPA lengkap usia 0-6 tahun, disarankan tiap lembaga memiliki dok. stppa salinan Permendikbud 137 tahun 2014 usia 0-6 tahun, diberi kop lembaga dan mengetahui pengelola. Sertakan dengan SK Penetapannya
       a, Permendikbud No 137 Tahun 2014 dapat didownload DI SINI 
       b. SK dan STPPA usia 0-6 tahun (Permendikbud 137) tahun 2014 dapat di  download DI SINI 

2    Pencapaian Perkembangan Sesuai Kelompok Usia. Lembaga memiliki dokumen pencapaian perkembangan sesuai kelompok usia yang dilayani pada lembaga masing-masing disertai dengan SK penetapannya. Dalam map ini disertakan juga data siswa/kelas
       a, SK dan STPPA Usia 2-4 tahun (Permendikbud tahun 2014) dapat di download DI SINI 
       b. KI, KD, STPPA dan Indikator Pencapaian Perkembangan anak usia 2-4 tahun sebagai acuan          lembaga dapat di download DI SINI 

3    Pendokumentasian Pencapaian Perkembangan, terdiri Foto kegiatan harian/kegiatan yang rutin yang dilaksanakan tiap hari seperti doa sebelum kegiatan, berbaris, sikat gigi, dll: Foto kegiatan mingguan yaitu kegiatan yang dilakukan lembaga rutin tiap minggu (senam, btq, dll): Foto bulanan (pemberian PMT, penimbangan BB dan TB); Foto semesteran (rekreasi, parenting). Sediakan 4 buah album yang terpisah, masing-masing album berisi foto-foto  rekaman harian, mingguan, bulanan dan semesteran.

Contoh SK Penetapan


KELOMPOK BERMAIN .......................
Alamat .........................................................


SURAT KEPUTUSAN
Nomor :…../……./……/2018

Tentang

PENETAPAN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA)
PAUD ………………………..

Pengelola PAUD ……………………….

Menimbang
:
a.     Bahwa untuk tercapainya Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ( STPPA ) di PAUD ………… di perlukan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA).


b.    Kebutuhan Masyarakat dan peserta didik di PAUD …………………..
Mengingat
:
a.  Undang – Undang No 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.


b. Permendikbud No 137 tahun 2014 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

MEMUTUSKAN

1.    Menetapkan bahwa Standar Tingkat Pencapain Perkembangan Anak (STPPA) (terlampir) adalah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak di PAUD …………..
2.   Standar Tingkat Pencapain Perkembangan Anak (STPPA) ini sebagai landasan pembelajaran di PAUD……..
3. Standar Tingkat Pencapain Perkembangan Anak (STPPA) ini sebagai landasan pembuatan Kurikulum dan RPPH di PAUD ……………….
4.      Apabila dikemudian hari terdapat kesalahan dalam keputusan ini maka akan dilakukan perubahan dan pembetulan semestinya.
5.      Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.


Ditetapkan di
:
……………
Pada Tanggal
:
 …………..
PAUD ………………
Pengelola


…………………..

STANDAR 2

2.1.1 Struktur Kurikulum
Progam PAUD memiliki dokumen kurikulum operasional (diimplementasikan) berikut Surat Keputusan (SK) Penetapannya yang mencakup program-program pengembangan dengan 3
unsur dan sub-unsurnya sebagai berikut:
 a. Enam (6) Aspek Lingkup Perkembangan:
1. Nilai agama dan moral
2. Fisik motorik
3. Kognitif
4. Bahasa
5. Sosial-emosional
6. Seni

b. Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP)
c. Indikator pencapaian perkembangan

KTSP Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat dilihat DI SINI
Kalender Akademik tahun Pelajaran 2018/2019 dengan hari masuk 4 hari dalam seminggu dapat dilihat DI SINI


STANDAR 3

Format mengacu pada RUBRIK AKREDITASI BAN PAUD
3.1.1    Program PAUD memiliki Rencana Kegiatan Semester (RKS) yang memuat 5-6 dari 6 unsur sebagai berikut :
§ Tema bulanan,
§ Sub-tema,
§ Strategi pembelajaran,
§ Capaian aspek perkembangan,
§ Evaluasi pembelajaran bulanan,
  § Alokasi waktu

Contoh PROSEM semester 1 format DOC dapat dilihat DI SINI

3.1.2.   Program PAUD memiliki Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) yang memuat ke-4 unsur sebagai berikut:
a.  Tujuan pembelajaran,
b.  Strategi pembelajaran,
c.  Materi pembelajaran
d.  Alokasi waktu

Contoh RPPM tema Tanaman / Tanaman bunga/toga dapat dilihat DI SINI

3.1.3.   Program PAUD memiliki Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang memuat 7-8 unsur sebagai berikut :
a. tanggal, bulan dan tahun
b. penggunaan RKH,
c. tema/sub-tema,
d. alokasi waktu,
e. materi pembelajaran,
f strategi pembelajaran,
g APE
h. Sumber belajar di lingkungan,
i Penilaian

Contoh RPPH tema tanaman / tanaman bunga/toga dapat dilihat DI SINI

3.1.4,   a. Program PAUD mempunyai program holistik integratif yang mencakup 5 hal sebagai berikut :
 Kesehatan,
 Gizi,
 Rangsangan pendidikan,
 Pengasuhan
 Perlindungan

Contoh Program PAUD HI dapat dilihat DI SINI 


b. Program PAUD dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajarannya harus memuat hal-hal yang bersifat holistik integratif dengan membuat catatan tertulis tentang 5 hal sebagai berikut :
 Riwayat kesehatan anak, (sertakan FC KMS anak) 
 Riwayat imunisasi anak, (sertakan FC KMS anak) 
 Deteksi dini tumbuh kembang anak, (buku catatan BB, TB bulanan/smtan)
 Anak memerlukan perhatian khusus (buku catatan penting kegiatan anak)
 Waktu kunjungan waktu kesehatan. (buku kunjungan bidan/dinkes)

Standar 6 Pengelolaan terdiri dari 5 variabel terdiri dari 17 butir indikator (no 37-53) (2018)

6.1.1  Visi, Misi dan Tujuan
37. Satuan PAUD memiliki rumusan visi yang bercirikan ke-5 karakteristik sebagai berikut.:
 Singkat padat
 Realistik,
 Visioner,
 Antisipatif
 Terukur
Catatan :
- Singkat padat apabila rumusannya dalam satu kalimat dan terdiri maksimum 20 kata.
- Realistik dalam arti sesuai dengan kondisi dan situasi lembaga.
- Visioner dalam arti sesuai dengan perkembangan jaman.
- Antisipatif dalam arti sesuai dengan kebutuhan riil.
- Terukur dalam arti dapat dilaksanakan/diwujudkan
38.  Satuan PAUD memiliki rumusan misi yang bercirikan ke-4 karakteristik sebagai berikut.:
 Relevan,
 Realistik,
 Konsisten,
 Terukur
Catatan :
- Relevan dalam arti sesuai dengan visi,
- Realistik dalam arti sesuai dengan kondisi,
- Konsisten dalam arti dilaksanakan sesuai visi,
- Terukur dalam arti dapat dilaksanakan.
39. Satuan PAUD memiliki rumusan tujuan yang bercirikan ke-4 karakteristik sebagai berikut:
 Konsisten dengan visi
 Konsisten dengan misi
 Realistik
 Terukur

6.1.2 Sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan
Satuan PAUD menyosialisasi kan visi,misi dan tujuan dengan 4 -5 cara sebagai berikut.
 Media cetak (leaflet, brochure, banner,dll)
 Rapat orang tua
 Rapat kerja lembaga
 Media on line (web)
 Ditempel di papan pengumuman

6.1.3 Rencana Kerja Tahunan
Satuan PAUD memiliki Rencana Kerja Tahunan yang mengandung 4-5 unsur sebagai berikut.
 Tujuan
 Target sasaran
 Kebijakan
 Program/Kegiatan
 Pembiayaan
Contoh Rencana Kerja Tahunan dan SK penetapan dapat dilihat DI SINI


6.1.4 Rencana Kerja Lima Tahunan


         Satuan PAUD memiliki Rencana Kerja Lima Tahunan yang mengandung 4-5 unsur sebagai berikut.
 Tujuan
 Target sasaran
 Kebijakan
 Program/Kegiatan
 Pembiayaan

Contoh Rencana Kerja Lima Tahunan dan SK penetapan dapat dilihat DI SINI


6.4.2 Pelaporan

Satuan PAUD melaporkan hasil pengawasan yang mengandung 5 hal sebagai berikut:
§ Masalah yang ditemukan
§ Penyebab terjadinya masalah
§ Solusi terhadap masalah
§ Kendala dalam pelaksanaan
§ Tindak lanjut dari hasil solusi yang diberikan






No comments:

Post a Comment