Thursday, July 27, 2017

CONTOH PROGRAM TAHUNAN (PROTA) DAN PROGRAM SEMESTER (PROSEM) PAUD


Blomm mengatakan bahwa pada usia 0-4 tahun perkembangan otak anak mencapai 40 % dan sampai usia 8 tahun 80%, selanjutnya sampai usia 18 tahun mencapai 100%. Masa kanak – kanak dimulai setelah melewati masa bayi. Masa kanak–kanak dibagi menjadi dua periode yang berbeda, awal dan akhir masa kanak-kanak. Periode awal berlangsung dari umur dua (2) sampai enam (6) tahun dan periode akhir dari enam sampai tiba saatnya anak matang secara seksual.

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik-integratif agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan stimulasi yang utuh, untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya. Upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur. 

Kelompok Bermain atau Play Group adalah salah satu bentuk layanan PAUD yang diperuntukkan bagi anak usia 2 sampai 4 tahun dengan jumlah jam pembelajaran minimal adalah 360 menit setiap minggunya. Kelompok Bermain bertujuan untuk mengembangkan intelegensia, kemampuan sosial, dan kematangan motorik anak


PROGRAM TAHUNAN

Program Tahunan dan Kalender pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kalender pendidikan merupakan pemetaan waktu selama satu tahun ajaran berdasarkan waktu efektif yang akan dilaksanakan di satuan pendidikan. Sedangkan program tahunan berisi deskripsi setiap kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu tahun pelajaran di satuan pendidikan

Kalender Pendidikan penting disusun, untuk:
1) Acuan bagi pendidik dan pengelola menyusun kegiatan pembelajaran dalam setahun. 
2) Informasi bagi orang tua tentang berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dan diikuti peserta didik dalam kurun waktu setahun. 
3) Menyesuaikan dengan waktu pelaksanaan pendidikan yang ditetapkan di wilayahnya. 
Kalender pendidikan berisi seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga dalam satu tahun ajaran. Kalender pendidikan dapat juga dijadikan sebagai program tahunan. 

Penyusunan kalender pendidikan disesuaikan dengan karakteristik dan kondisi masing-masing lembaga. 

Program tahunan disusun oleh lembaga berisi tentang rencana kegiatan yang mendukung kegiatan anak, yang akan dilaksanakan selama setahun ajaran. 

Rencana pembelajaran tahunan nantinya diturunkan ke rencana pembelajaran semester (PROSEM) sampai dengan rencana harian (RPPH).

Kegiatan tahunan ini disusun oleh guru dan tenaga kependidikan di satuan PAUD, serta disosialisasikan kepada seluruh orang tua peserta didik

Kalender Pendidikan/akademik tahun 2017/2018



Contoh Program Tahunan TA 2017/2018 KB usia 2-4 Tahun
Contoh Kalender Pembelajaran
PROGRAM SEMESTER

Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester yang dikembangkan menjadi sub tema atau sub-sub tema, Kompetensi yang ditetapkan untuk dicapai pada setiap tema, dan alokasi waktu setiap tema. Alokasi waktu setiap tema menyesuaikan hari efektif kalender pendidikan.


Tema berfungsi sebagai wadah yang berisi bahan kegiatan untuk mengembangkan potensi anak. Tema juga menyatukan program pengembangan, bahan pembelajaran, serta kompetensi dalam satu kesatuan yang lebih berarti, memperkaya wawasan dan perbendaharaan kata anak sehingga capaiannya menjadi lebih bermakna.


Dalam menyusun perencanaan program semester, lembaga diberikan keleluasaan dalam menentukan format dan disesuaikan dengan kebutuhan lembaga masing-masing.

Langkah-langkah penyusunan program semester adalah sebagai berikut: 

  1. Membuat daftar tema satu semester. Pemilihan dan penentuan tema dilakukan guru sebelum awal semester kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema.
  2. Mengembangkan tema menjadi sub tema dan atau sub-sub tema. Sub tema dan sub sub tema yang dikembangkan merupakan topik-topik yang lebih khusus dan lebih dalam. Ke khususan dan kedalaman sub tema dan sub-sub tema memperhatikan usia anak, kesiapan guru, dan ketersediaan sumber belajar pendukung.
  3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema, sub tema dan atau sub-sub tema. Waktu pembahasan setiap tema/sub tema/sub-sub tema disesuaikan dengan minat anak, keluasan, kedalaman, dan sumber/media yang tersedia.
  4. Menetapkan KD di setiap tema. Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan nilai agama dan moral (nam), motorik (motr), kognitif (kog), sosial-emosional (sosem), bahasa (bah), dan seni.
  5. Penulisan KD dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan kodenya saja.
  6. KD dapat diulang-ulang di tiap tema/sub tema/sub-sub tema yang berbeda.
  7. Tema/sub tema/sub-sub tema yang sudah ditentukan di awal dapat berubah bila ada kondisi tertentu dengan melibatkan anak tanpa harus merubah KD yang sudah ditetapkan.
  8. Dalam menentukan KD pada setiap tema mencakup enam program pengembangan (nilai agama dan moral, motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni)


Dalam menyusun perencanaan program semester, lembaga diberikan keleluasaan dalam menentukan format.

Untuk menentukan materi pembelajaran yang akan digunakan di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Satuan PAUD harus menyusun cakupan materi pembelajaran setiap KD yang akan disampaikan kepada anak selama setahun melalui kegiatan bermain.


Contoh PROSEM usia 3-4 tahun






Setelah Prota dan Prosem dibuat langkah selanjutnya adalah menyusun RPPM. RPPM dijabarkan dari Prosem.

No comments:

Post a Comment