AI singkatan dari Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan, yaitu teknologi
yang memungkinkan mesin dan sistem komputer untuk memiliki kemampuan seperti
manusia, dapat memecahkan masalah, membuat keputusan, memahami bahasa, dan melakukan
tugas-tugas kompleks. AI memanfaatkan data untuk meniru kecerdasan manusia,
memungkinkan komputer/Hp untuk mengenali gambar, menghasilkan konten,
memberikan rekomendasi, dan menjalankan berbagai fungsi tingkat lanjut.
Sejarah
perkembangan AI dimulai pada pertengahan abad ke-20, ditandai dengan konsep
mesin cerdas oleh Alan Turing pada tahun 1950 dan pencetusan istilah
"Artificial Intelligence" oleh John McCarthy di Konferensi Dartmouth
pada tahun 1956, yang menjadi titik awal bidang AI yang terus berkembang
melalui beberapa periode kemajuan dan hambatan, termasuk era "musim dingin
AI" pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an.
Pada tahun
1997, komputer Deep Blue milik IBM mengalahkan juara catur dunia Garry Kasparov.
Kemenangan ini menandai momen penting dalam sejarah AI, menunjukkan bahwa mesin
bisa mengalahkan manusia dalam permainan strategi yang kompleks
Masuknya era
internet dan ketersediaan data besar memberikan dorongan besar bagi
pengembangan AI. Algoritma pembelajaran mesin yang lebih canggih memungkinkan
komputer untuk belajar dari data dengan cara yang belum pernah terbayangkan
sebelumnya. Peningkatan ini membawa AI ke dalam berbagai aspek kehidupan, dari
pencarian web hingga pengenalan wajah.
Kini, AI hadir
di mana-mana. Dari asisten virtual seperti Siri dan Alexa hingga algoritma
rekomendasi di platform streaming, AI telah menjadi bagian integral dari
kehidupan sehari-hari kita. Kemajuan dalam sejarah AI ini tidak hanya mengubah
cara kita berinteraksi dengan teknologi, tetapi juga membuka pintu bagi inovasi
di berbagai sektor industri.
Perkembangan
kecerdasan buatan (AI) memberikan manfaat signifikan bagi dunia pendidikan,
termasuk personalisasi pembelajaran, peningkatan efisiensi administrasi guru,
otomatisasi tugas-tugas rutin, perluasan akses pendidikan bagi siswa
berkebutuhan khusus, dan kemampuan analisis data yang mendalam untuk mendukung
penelitian. AI juga mendorong inovasi dalam metode pengajaran dan penciptaan
konten pembelajaran yang lebih menarik, namun penting untuk mengelola
penggunaannya secara etis dan memastikan literasi digital di kalangan pendidik
dan siswa.
1. Memanfaatkan AI untuk membuat RPP
Untuk membuat RPP dengan AI, pilih model AI seperti ChatGPT, Google Gemini, Copilot, Bing atau Deepseek AI, lalu masukkan prompt yang detail mencakup topik, umur/kelas, tujuan pembelajaran, dan elemen khusus seperti prinsip pembelajaran mendalam. Setelah AI menghasilkan draf lalu edit dan sesuaikan hasilnya agar sesuai dengan kebutuhan lembaga masing-masing karena AI tidak selalu sempurna.
Langkah-langkah :
1. masuk ke model AI misal Gemini, Meta (HP), chatGTP, Copilot
2. Ketikkan prompt yang detail sesuai dengan yang diinginkan
misal untuk membuat RPP :
"buatkan saya RPPM PAUD untuk usia 4-5 tahun alokasi
waktu 5 hari (dalam 1 hari ada 3 kegiatan main literasi, pembangunan, bermain
peran), tema Binatang sub tema kambing (bersyukur atas bintang ciptaan Allah)
dengan muatan A. Identifikasi : peserta didik, materi pembelajaran, dimensi
profil lulusan, B. desain pembelajaran : capaian pembelajaran, lintas disiplin,
tujuan pembelajaran, memanfaatkan digital, C. Pengalaman belajar :
langkah-langkah pembelajaran C.1. Kegiatan awal (berkesadaran, bermakna, menggembirakan)
c.2. Inti (kegiatan memahami, mengaplikasikan dan merefleksi), C.3. Penutup
(berkesadaran, menggembirakan) D. Asesmen pembelajaran"
3. Tampilan hasil AI akan muncul, dibagian bawah ada copy massage, klik lalu edit dan modifikasi dokumen tersebut di MS word
🐐 RPPM PAUD Usia 4–5 Tahun
Tema: Binatang
Subtema: Kambing
Nilai: Bersyukur atas binatang ciptaan Allah
Alokasi Waktu: 5 Hari (Senin–Jumat)
Kegiatan Harian:
- Main Literasi
- Main Pembangunan
- Bermain Peran
A.
Identifikasi
- Peserta Didik:
Anak usia 4–5 tahun (Kelompok B)
- Materi Pembelajaran:
- Mengenal ciri-ciri kambing (warna, suara, makanan,
tempat hidup)
- Manfaat kambing bagi manusia (susu, daging, bulu)
- Sikap bersyukur atas ciptaan Allah
- Dimensi Profil Pelajar Pancasila:
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
- Bernalar kritis
- Mandiri
- Kreatif
- Bergotong royong
B.
Desain Pembelajaran
- Capaian Pembelajaran:
- Anak mengenal dan menyebutkan ciri-ciri kambing
- Anak menunjukkan sikap bersyukur atas ciptaan Allah
- Anak mampu berkomunikasi dan berinteraksi dalam
bermain
- Lintas Disiplin:
- Bahasa (bercerita, menyimak)
- Sains (pengamatan)
- Seni (menggambar, bernyanyi)
- Agama (doa, nilai syukur)
- Motorik (gerak dan permainan)
- Tujuan Pembelajaran:
- Anak mampu mengenal kambing sebagai ciptaan Allah
- Anak menunjukkan rasa syukur melalui doa dan perilaku
- Anak mampu mengungkapkan pendapat dan pengalaman
- Pemanfaatan Digital:
- Menonton video dokumenter tentang kambing
- Mendengarkan lagu anak bertema binatang
- Menggunakan aplikasi menggambar digital sederhana
C.
Pengalaman Belajar
C.1
Kegiatan Awal (Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
- Salam dan doa pagi bersama
- Ice breaking: gerakan meniru suara dan gaya kambing
- Apersepsi: tanya jawab “Siapa pernah lihat kambing?”
C.2
Kegiatan Inti (Memahami, Mengaplikasikan, Merefleksi)
Hari |
Main Literasi |
Main Pembangunan |
Bermain Peran |
Senin |
Membaca cerita “Kambing si Pemakan Rumput” |
Menggambar kambing dan tempat tinggalnya |
Bermain peran sebagai kambing dan peternak |
Selasa |
Menyimak video tentang kambing |
Membuat kolase kambing dari daun kering |
Bermain jual beli susu kambing |
Rabu |
Menyusun huruf kata “KAMBING” |
Melukis kambing dengan cat air |
Bermain dokter hewan merawat kambing |
Kamis |
Bercerita tentang pengalaman melihat kambing |
Membuat kandang kambing dari balok |
Bermain keluarga kambing dan anaknya |
Jumat |
Refleksi: “Apa yang kamu syukuri dari kambing?” |
Menyusun puzzle kambing |
Bermain drama pendek “Kambing Bersyukur” |
C.3
Kegiatan Penutup (Berkesadaran, Menggembirakan)
- Bernyanyi bersama lagu “Binatang Ciptaan Allah”
- Doa penutup dan salam
- Memberi pujian dan stiker apresiasi
D.
Asesmen Pembelajaran
- Observasi:
Sikap anak saat menyimak, bermain, dan berdiskusi
- Portofolio:
Hasil karya menggambar, kolase, dan puzzle
- Catatan Anekdot:
Perilaku anak yang menunjukkan rasa syukur
- Refleksi Anak:
Ungkapan lisan tentang pembelajaran
2. Membuat Media Pembelajaran (storybook) melalui Gemini AI
Langkah-langkah
1. Buka gemini.google.com
2. Di sebelah kiri di bagian Gem, klik Buku Cerita (storyboo)
3. Dalam kotak teks, masukkan perintah untuk cerita yang ingin Anda buat (prompt)
contoh prompt storybook
"Buat cerita pendek tidak lebih dari 8 halaman usia 4-5
tahun tentang seekor anak kambing tidak mau berbagi makanan. suatu ketika dia
kelaparan dan berpisah dari induknya. akhirnya dia sadar jika berbagi itu
penting. ceritanya buat sederhana, penuh warna, ceria, lucu, mengajarkan anak
untuk mau berbagi dengan sesama. gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami anak,
imaginatif dan sesuai untuk dongeng anak paud, akhiri dengan pesan moral bahwa
kita mahluk Allah tidak bisa hidup sendiri dan harus bersosialisasi dengan
sesama"
3. tampilan storybook hasil Gemini Ai
Berinteraksi dengan buku cerita
Di bagian atas buku cerita, temukan opsi terkait cara
Anda dapat berinteraksi dengan buku tersebut.
- Untuk melihat buku cerita dalam layar penuh, klik
Layar penuh.
- Untuk membuka halaman berikutnya, klik
berikutnya atau sudut kanan bawah
buku.
- Untuk membuka halaman sebelumnya, klik kembali atau sudut kiri bawah
buku.
- Untuk melompat ke bagian awal atau akhir, klik nomor
halaman untuk menampilkan opsi:
- Untuk membuka bagian awal, klik Lompat ke bagian
awal .
- Untuk membuka bagian akhir, klik Lompat ke bagian
akhir .
- Untuk mendengarkan buku, klik Dengarkan .
- Tips: Anda juga dapat mengubah suara yang
membacakan buku cerita. Untuk mengubah suara, di samping Dengarkan,
klik , lalu pilih suara yang
berbeda.
4. Mencetak buku cerita atau menyimpannya sebagai PDF
Di bagian atas, klik Bagikan / Cetak
Layar kanan atas ada titik 3 pilih print simpan pdf. Untuk layanan ini hanya bisa print as pdf manual per halaman.
Versi pdf cerita cemplon download di sini
Selamat mencoba
No comments:
Post a Comment