Sunday, November 25, 2012

ORIGAMI (SENI MELIPAT KERTAS) ANAK PAUD

       Melipat kertas merupakan kegiatan yang disukai anak-anak. Kegiatan melipat atau origami ini berasal dari bahasa Jepang: oru (melipat) dan kami (kertas).
      Melipat sangat bermanfaat untuk perkembangan motorik anak. Melipat dapat melatih kekuatan tangan anak (motorik halus). Dengan melipat mereka juga bebas berimajinatif serta mengungkapkan ekspresi dari imajinasinya.
      Biasanya melipat dikenalkan ketika anak memasuki taman kanak-kanak (4-6 tahun) atau bahkan usia Play Group/Kelompok Bermain (2-4 tahun. Untuk anak usia 2-4 tahun pilihkan seni melipat yang sederhana, tidak terlalu rumit. Kebanyakan dari anak usia tersebut mudah menyerah, berkata tidak bisa dan menganggap sulit contoh yang ditugaskan. Untuk anak usia 3-4 tahun diusahakan kegiatan melipat ini tidak lebih dari 5-7 langkah agar anak tidak kesulitan mengikuti.
      Pada tahap permulaan orangtua dapat mengenalkan di rumah dengan membuat lipatan-lipatan sederhana dan umum, misalnya membuat kapal terbang, perahu, topi atau yang sedikit rumit misalnya burung, kelinci dan ikan.
    Yang menarik dari kegiatan yang murah meriah ini adalah dibutuhkannya kesabaran, konsentrasi dan kerapihan. Anak dituntut untuk sabar, bekerja setahap demi setahap dan melipat dengan rapi agar mendapatkan hasil yang baik. Tentunya kegiatan ini akan lebih mengasyikkan apabila hasil lipatan lalu dihias dengan menggunakan pinsil warna, pastel, spidol atau cat air.
     Selalu memberikan apresiasi kepada anak yang berhasil melipat dengan usahanya sendiri tanpa dibantu, karena ini akan menumbuhkan rasa percaya diri anak tersebut. Bagi anak yang menyerah dan “terlihat malas” bantulah mereka sampai pekerjaan yang ditugaskan selesai. Usahakan setiap anak menyelesaikan tugas yang telah diberikan. hal ini akan membantu anak agar kelak terbiasa menyelesaikan setiap tugas sampai selesai dilaksanakan.
    Kertas lipat terdapat bermacam-macam motif dan warna, dan sangat mudah dijumpai di toko-toko.. Selain itu kita juga bisa berhemat dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah atau limbah kertas yang berasal dari pembungkus, dll.




 




No comments:

Post a Comment