Sunday, November 29, 2020

PAUD Holistik Integratif (PAUD HI)

 PAUD Holistik Integratif 

A.     Pengertian PAUD Holistik dan Integratif 

      Bappenas (2006) memberikan pengertian bahwa pengembangan anak usia dini holistik dan integratif adalah pengembangan anak usia dini yang dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenui kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling berkait secara simultan dan sistimatis.

B.    Pentingnya PAUD Holistik dan Integratif

      Salah satu kebijakan Direktorat Jenderal PAUDNI tahun 2011 adalah mendorong penyelenggaraan PAUD holistik-integratif yang mampu mengoptimalkan/melejitkan kecerdasan anak, sesuai tahap tumbuh kembang anak, memberikan kesiapan mengikuti pendidikan lebih lanjut dengan jangkauan sasaran yang makin luas, bermutu, merata dan berkeadilan.

        Berbagai pendapat menyatakan bahwa layanan menyeluruh (holistik) kepada anak usia dini dirasa sangat penting, karena jika salah satu aspek yang seharusnya diberikan kepada anak tidak diberikan secara optimal, maka akan berpengaruh terhadap aspek yang lain. Berbagai pengaruh yang tampak antara lain :

1.  Aspek Pendidikan

Pendidikan yang bermutu dapat mengembangkan semua lingkup perkembangan anak (nilai-nilai agama dan moral, sosial-emosional, motorik kasar dan motorik halus, kognitif, dan bahasa), namun jika pendidikan yang diberikan tidak bermutu, maka semua lingkup perkembangan anak juga tidak bisa berkembang secara optimal.

2.  Aspek  Kesehatan dan Gizi

Jika kesehatan dan gizi anak rendah, maka akan berdampak kepada rendahnya kognisi anak, karena perkembangan kognisi anak sangat dipengaruhi oleh kesehatan dan gizi. Hal ini seiring dengan hasil penelitian Ernesto Pollitt dkk tahun 1993 menyatakan bahwa pemberian makanan sehat dan bergizi, akan mempengaruhi perkembangan kognisi anak.

3.  Aspek Pengasuhan

Jika pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak tepat, maka akan berpengaruh secara positif terhadap perkembangan sosial-emosional anak, mengingat bahwa orangtua adalah pendidik yang pertama dan utama bagi anak. Sebagaimana pernyataan Sigmund Freud “pengalaman di lima tahun pertama kehidupan seseorang sesungguhnya menentukan kesehatan jiwa & kemampuan menyesuaikan diri dalam kehidupannya kemudian”.

4.  Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

Masalah deteksi dini tumbuh kembang anak, juga memegang peran sangat penting, karena jika anak-anak mengalami penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan, namun tidak terdeteksi sedini mungkin, maka sulit untuk diintervensi yang akhirnya akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak.

5.  Apek Perlindungan

Apabila masyarakat (lingkungan), terutama orang tua dan pendidik PAUD mengetahui dan memahami tentang perlindungan anak, maka akan berdampak pada pola pikir, sikap dan perlakuan positif  terhadap anak. Mereka akan bersikap dan berperilaku menghargai, memotivasi, berpihak, dan memenuhi hak-hak anak. Sebaliknya jika tidak memahami mereka cenderung merendahkan, kurang berpihak, dan kurang menghargai anak. Bahkan boleh jadi mereka melakukan tindak kekerasan, mengeksploitir, dan tidak melindungi (membiarkan) anak. Jika hal ini terjadi, maka  perkembangan anak pasti akan terganggu. Bronfebrenner (1979) dengan teori ekologinya menyatakan bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh lingkungan dimana mereka tinggal. Mulai dari lingkungan yang terdekat (mikro sistem) sampai dengan lingkungan yang terjauh (makro sistem).

Contoh Rencana Tindak lanjut (RTL) PAUD HI

RENCANA KEGIATAN PAUD HI

KELOMPOK BERMAIN .......................

TAHUN AJARAN ..........................


NO.

JENIS LAYANAN

JENIS KEGIATAN

TUJUAN

WAKTU

TEMPAT

PELAKSANA

BIAYA

1

Pendidikan

Pembelajaran di dalam kelas

Kegiatan belajar mengajar (KBM)

Senin-Kamis

Sekolah

Semua guru

Orang tua dan Pemerintah

Pembelajaran di luar kelas

1.       Outing Clas

Memberikan wawasan anak pada lingkungan di luar kelas

 

Puncak tema

Taman reptil,  pelatihan sablon

 

Semua guru

 

Orang tua

2.        Cooking class

 

Memberikan pengalaman life skill

Tema Profesi (maret) dan kebutuhan (September)

Rocket chicken, aula sekolah

Semua guru, team rochet chicken

Orang tua

2.

Kesehatan

1.       Pengukuran TB, BB dan LK

 

Mengetahui tumbuh kembang anak

1 bulan sekali

Sekolah

 

Semua guru

Sekolah

2.       SDIDDTK, Pemberian vit.A dan obat cacing

Memantau tumbuh kembang anak dan pencegahan penyakit

6 bulan sekali

Sekolah/posyandu

Guru dan Bidan Desa

Pemerintah dan Sekolah

3.

Gizi dan Perawatan

1.       PMT

Untuk menambah gizi dan membiasakan anak makan makanan sehat

1 bulan sekali

Sekolah

 

Orang tua

Pemerintah, orang tua

2.        PHBS

 

Membiasakan anak untuk hidup bersih dan sehat

Setiap hari

 

Sekolah

 

Semua Guru

 

Sekolah

 

3.        Toilet training

Mengenal pada anak cara yang benar saat BAK dan BAB

Setiap hari

Sekolah

Semua Guru

Orang tua

4.

Perlindungan

1.       Sekolah ramah anak

 

 

Memberikan lingkungan bermain sekolah yang aman, ramah dan nyaman

Setiap hari

 

 

Sekolah

 

 

Semua Guru

 

 

Orang tua dan Pemerintah

2.        Polisi sahabat anak

 

Mengenalkan anak-anak pada tugas polisi yang melindungi anak

Maret

Polsek

Semua Guru dan Polres

 

Orang tua

3.        Parenting

Menambah wawasan anak terhadap perlindungan terhadap anak

Juli

Sekolah

Narsum Dinsos

Sekolah dan orang tua

5.

Pengasuhan

1.       Parenting

 

2.        Kelas Inspirasi

 

Menambah wawasan orang tua terhadap pola asuh anak

Menjalin Kedekatan orang tua, anak dan sekolah

1 tahun sekali

 

1 tahun sekali

Sekolah

 

Sekolah

Semua Guru dan Narasumber

Semua Guru dan Orang tua

Pemerintah

 

Orang tua

3.        Rekreasi

 

Menjalin Kedekatan orang tua, anak dan sekolah

1 tahun sekali

Kyai Langgeng

Semua Guru dan Orang tua

Orang tua

 

6.

Kesejahteraan

1.       Fasilitasi KIA, Akte Kelahiran dan dokumen penting keluarga lainnya

Agar anak mendapatkan status dan identitas secara hukum

Juli-Agustus

Sekolah

Dukcapil

Orang tua

 Materi Bintek PAUD HI Kabupaten Magelang bulan November 2020

1 MENCIPTAKAN  LINGKUNGAN  BERMAIN  BERKUALITAS  BERPUSAT PADA ANAK 

   oleh bunda : SANTI SUNAYAH , S.Pd.AUD dan ELFAULA, S.Psi  dapat di donload DI SINI

2. PERLINDUNGAN DAN PENGASUHAN AUD

    oleh Murikhatu Tholhah, S. Pd. Si. Dan Ruswatiningsih, S.Pd dapat di download Di SINI 

3. PRA LITERASI, PRA NUMERASI DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

    oleh Tim Fasilitator PAUD HI Disdikbud Kab. Magelang dapat di Download DI SINI

4.  KESEHATAN DAN GIZI AUD

    oleh : Tatiana   Mursastyaningtyas, S.Pd dapat di download Di SINI

5. RTL (Rencana Tindak Lanjut) PAUD HI

   oleh : Susmiyati Jiwaningrum, SP., M.Pd (Kasi PAUD) dan Diah Pratiwi, S.Pd., MM.Pd. (Penilik   PAUD) download DI SINI


 

  

No comments:

Post a Comment