PAUD Holistik Integratif
A. Pengertian PAUD Holistik dan Integratif
Bappenas (2006) memberikan pengertian bahwa pengembangan anak usia dini holistik dan integratif adalah pengembangan anak usia dini yang dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenui kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling berkait secara simultan dan sistimatis.
B. Pentingnya PAUD Holistik dan Integratif
Salah satu kebijakan Direktorat Jenderal PAUDNI tahun 2011 adalah mendorong penyelenggaraan PAUD holistik-integratif yang mampu mengoptimalkan/melejitkan kecerdasan anak, sesuai tahap tumbuh kembang anak, memberikan kesiapan mengikuti pendidikan lebih lanjut dengan jangkauan sasaran yang makin luas, bermutu, merata dan berkeadilan.
Berbagai pendapat menyatakan bahwa layanan menyeluruh (holistik) kepada anak usia dini dirasa sangat penting, karena jika salah satu aspek yang seharusnya diberikan kepada anak tidak diberikan secara optimal, maka akan berpengaruh terhadap aspek yang lain. Berbagai pengaruh yang tampak antara lain :
1. Aspek Pendidikan
Pendidikan yang bermutu dapat mengembangkan semua lingkup
perkembangan anak (nilai-nilai agama dan moral, sosial-emosional, motorik kasar
dan motorik halus, kognitif, dan bahasa), namun jika pendidikan yang diberikan
tidak bermutu, maka semua lingkup perkembangan anak juga tidak bisa berkembang
secara optimal.
2. Aspek Kesehatan dan Gizi
Jika kesehatan dan gizi anak rendah, maka akan berdampak
kepada rendahnya kognisi anak, karena perkembangan kognisi anak sangat
dipengaruhi oleh kesehatan dan gizi. Hal ini seiring dengan hasil penelitian Ernesto
Pollitt dkk tahun 1993 menyatakan bahwa pemberian makanan sehat dan bergizi,
akan mempengaruhi perkembangan kognisi anak.
3. Aspek Pengasuhan
Jika pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak
tepat, maka akan berpengaruh secara positif terhadap perkembangan
sosial-emosional anak, mengingat bahwa orangtua adalah pendidik yang pertama
dan utama bagi anak. Sebagaimana pernyataan Sigmund
Freud “pengalaman di lima tahun pertama kehidupan seseorang sesungguhnya
menentukan kesehatan jiwa & kemampuan menyesuaikan diri dalam kehidupannya
kemudian”.
4. Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak
Masalah deteksi dini tumbuh kembang anak, juga memegang
peran sangat penting, karena jika anak-anak mengalami penyimpangan pertumbuhan
dan perkembangan, namun tidak terdeteksi sedini mungkin, maka sulit untuk
diintervensi yang akhirnya akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak.
5. Apek Perlindungan
Apabila masyarakat (lingkungan), terutama orang tua dan pendidik PAUD mengetahui dan memahami tentang perlindungan anak, maka akan berdampak pada pola pikir, sikap dan perlakuan positif terhadap anak. Mereka akan bersikap dan berperilaku menghargai, memotivasi, berpihak, dan memenuhi hak-hak anak. Sebaliknya jika tidak memahami mereka cenderung merendahkan, kurang berpihak, dan kurang menghargai anak. Bahkan boleh jadi mereka melakukan tindak kekerasan, mengeksploitir, dan tidak melindungi (membiarkan) anak. Jika hal ini terjadi, maka perkembangan anak pasti akan terganggu. Bronfebrenner (1979) dengan teori ekologinya menyatakan bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh lingkungan dimana mereka tinggal. Mulai dari lingkungan yang terdekat (mikro sistem) sampai dengan lingkungan yang terjauh (makro sistem).
Contoh Rencana Tindak lanjut (RTL) PAUD HI
RENCANA KEGIATAN PAUD HI
KELOMPOK BERMAIN .......................
TAHUN AJARAN ..........................
NO. |
JENIS LAYANAN |
JENIS KEGIATAN |
TUJUAN |
WAKTU |
TEMPAT |
PELAKSANA |
BIAYA |
1 |
Pendidikan |
Pembelajaran di dalam kelas |
Kegiatan belajar mengajar (KBM) |
Senin-Kamis |
Sekolah |
Semua guru |
Orang tua dan Pemerintah |
Pembelajaran di luar kelas 1.
Outing Clas |
Memberikan wawasan anak pada lingkungan
di luar kelas |
Puncak tema |
Taman reptil, pelatihan sablon |
Semua guru |
Orang tua |
||
2.
Cooking class
|
Memberikan pengalaman life skill |
Tema Profesi (maret) dan kebutuhan
(September) |
Rocket chicken, aula sekolah |
Semua guru, team
rochet chicken |
Orang tua |
||
2. |
Kesehatan |
1.
Pengukuran TB,
BB dan LK
|
Mengetahui tumbuh kembang anak |
1 bulan sekali |
Sekolah
|
Semua guru |
Sekolah |
2.
SDIDDTK, Pemberian vit.A dan obat cacing |
Memantau tumbuh kembang anak dan pencegahan penyakit |
6 bulan sekali |
Sekolah/posyandu |
Guru dan Bidan Desa |
Pemerintah dan Sekolah |
||
3. |
Gizi dan Perawatan |
1.
PMT |
Untuk menambah gizi dan membiasakan anak makan makanan sehat |
1 bulan sekali |
Sekolah
|
Orang tua |
Pemerintah, orang tua |
2.
PHBS
|
Membiasakan anak untuk hidup bersih dan sehat |
Setiap hari
|
Sekolah
|
Semua Guru
|
Sekolah
|
||
3.
Toilet training |
Mengenal pada anak cara yang benar saat BAK dan BAB |
Setiap hari |
Sekolah |
Semua Guru |
Orang tua |
||
4. |
Perlindungan |
1.
Sekolah ramah
anak
|
Memberikan lingkungan bermain sekolah yang aman, ramah dan
nyaman |
Setiap hari
|
Sekolah
|
Semua Guru
|
Orang tua dan
Pemerintah |
2.
Polisi sahabat
anak
|
Mengenalkan anak-anak pada tugas polisi yang melindungi anak |
Maret |
Polsek |
Semua Guru dan Polres
|
Orang tua |
||
3.
Parenting |
Menambah wawasan anak terhadap
perlindungan terhadap anak |
Juli |
Sekolah |
Narsum Dinsos |
Sekolah dan orang tua |
||
5. |
Pengasuhan |
1.
Parenting
2.
Kelas Inspirasi
|
Menambah wawasan orang tua terhadap pola asuh anak Menjalin Kedekatan orang tua, anak dan sekolah |
1 tahun sekali
1 tahun sekali |
Sekolah
Sekolah |
Semua Guru dan Narasumber Semua Guru dan Orang tua |
Pemerintah
Orang tua |
3.
Rekreasi
|
Menjalin Kedekatan orang tua, anak dan sekolah |
1 tahun sekali |
Kyai Langgeng |
Semua Guru dan Orang tua |
Orang tua
|
||
6. |
Kesejahteraan |
1.
Fasilitasi KIA, Akte Kelahiran dan dokumen
penting keluarga lainnya |
Agar anak mendapatkan status dan identitas
secara hukum |
Juli-Agustus |
Sekolah |
Dukcapil |
Orang tua |
Materi Bintek PAUD HI Kabupaten Magelang bulan November 2020
1 MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BERMAIN BERKUALITAS BERPUSAT PADA ANAK
oleh bunda : SANTI SUNAYAH , S.Pd.AUD dan ELFAULA, S.Psi dapat di donload DI SINI
2. PERLINDUNGAN DAN PENGASUHAN AUD
oleh Murikhatu Tholhah, S. Pd. Si. Dan Ruswatiningsih, S.Pd dapat di download Di SINI
3. PRA LITERASI, PRA NUMERASI DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
oleh Tim Fasilitator PAUD HI Disdikbud Kab. Magelang dapat di Download DI SINI
4. KESEHATAN DAN GIZI AUD
oleh : Tatiana Mursastyaningtyas, S.Pd dapat di download Di SINI
5. RTL (Rencana Tindak Lanjut) PAUD HI
oleh : Susmiyati Jiwaningrum, SP., M.Pd (Kasi PAUD) dan Diah Pratiwi, S.Pd., MM.Pd. (Penilik PAUD) download DI SINI
No comments:
Post a Comment