Saturday, April 19, 2014

SCIENCE EXPERIMENTS FOR PRESCHOOL KIDS (PERCOBAAN SAINS UNTUK ANAK PAUD)

Kehidupan kita sehari-hari tak lepas dari SAINS. Sejak usia dini apabila anak-anak dikenalkan dengan sain maka diharapkan ke depannya mereka dapat berpikir logis dan penalaran mereka akan berkembang dengan baik. Pertama-tama kenalkan saja dengan hal-hal yang sederhana dan dijumpai tiap hari misalnya air. Media air dapat menghasilkan banyak aktifitas yang dapat dilakukan oleh anak balita. 

Membuat Apollo (konsep mengambang dan tenggelam)

Bahan : Plastik, air, pewarna gabus, kerikil, busa sabun, karet, torong, gelas plastik
Tujuan kegiatan ini adalah agar anak mendapatkan pengalaman bahwa ada benda yang dapat tenggelam dan ada yang terapung. Anak sering mengira bahwa benda yang berukuran kecil terapung dan yang besar tenggelam. Tenggelam atau terapung tidak ditentukan oleh ukuran benda melainkan oleh berat jenis benda.


Larut dan tidak larut.
Ada sebagian benda yang dapat larut ke dalam air dan sebagian lagi tidak dapat larut dalam air. Gula, garam, susu dan warna pada teh larut dalam air sehingga akan membentuk larutan. Benda lain tidak larut dalam air, seperti tepung, pasir dan minyak. Jika benda tersebut dicampur dengan air maka tidak akan membentuk larutan, tetapi membentuk campuran. Campuran kelihatan tidak homogen dan jika diendapkan, maka akan terlihat adanya endapan. Berbeda dengan minyak meskipun minyak tidak larut tetapi hadi percampuran akan terbentuk dua lapisan yang memisah.


Memasukkan air ke botol dengan spuit 
Bahan : Botol minuman kemasan, air, pewarna, torong, spuit

Mencampur warna : pewarna pokok (merah- kuning-biru)
Merah dicampur kuning = jingga
Merah ducampur biru = ungu
Biru dicampur kuning = hijau
ini dikarenakan campuran 2 warna aray lebih akan menghasilkan warna baru. Anak disuruh mencoba mencampur warna lain (atau lebih dari 2 warna).




Bermain gelembung sabun
 
Anak-anak khususnya balita sangat menyukai bermain dengan gelembung sabun. Pastikan cairan tersebut aman digunakan anak, sehingga akan lebih meyakinkan apabila larutan sabun membuat sendiri. Dengan menambahkan satu sendok gliserin pada dua liter air, larutan sabun, akan diperoleh larutan sabun yang menakjubkan yang dapat digunakan untuk membentuk gelembung raksasa, jendela kaca, atau bentuknya lainnya dari busa


MAZE (MENCARI JEJAK)
Gambar Maze, lilin/cryon putih, arang
Cara: Gambar/maze alur jejaknya diberi lapisan lilin atau cryon putih lalu anak disuruh menguas dengan jari dengan arang...


VOLCANO (Gunung Meletus)
 
Bahan :cuka, baking soda, air, gunungan yg terbuat ari tanah liat, pewarna merah
Cara :  masukkan baking soda + air kedalam gunungan,  Tuangkan warna merah kedalam gunungan  tadi untuk memberi kesan seperti  lahar.  Terakhir masukkan cairan cuka kedalam botol. Apa yang terjadi ?.
Letusan kecil akan terdengar dan air yang ada dalam gunungan akan tumpah keluar  meluber.

No comments:

Post a Comment