Monday, November 26, 2012

Preschool Education - PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)



PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 
(PAUD)

Anak merupakan salah satu anugerah terbesar yang Allah karuniakan kepada seluruh umat manusia. Tugas sebagai orang tua yang dikaruniai seorang anak adalah wajib untuk mengasihi, membimbing, memberikan pendidikan yang terbaik serta mengupayakan kesejahteraannya sesuai dengan kemampuan yang orang tua miliki karena anak juga adalah masa depan keluarga. Setiap orang tua sangat menginginkan anaknya lebih baik, lebih hebat dan lebih berhasil dari mereka. Sebaliknya tidak ada orang tua di muka bumi ini yang menginginkan anak-anaknya lebih rendah kedudukan sosialnya, gagal dalam hidupnya dan tidak memiliki masa depan yang cerah….
 Keluarga adalah sebuah sekolah yang utama, yang paling mendominasi dan berpengaruh kuat, sehingga akan membentuk karekter anak kelak. Dan Ibu memegang kendali utama bagi anak-anaknya, yang apabila anak tersebut dapat dididik dengan tepat akan dapat mempersiapkan suatu bangsa dengan dasar yang baik.
Kehadiran anak dalam sebuah rumah tangga akan maenjadi generasi penerus keturunan dari orang tuanya. Rasulullah SAW dalam sebuah riwayat pernah berkata“Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci), kedua orang tuanyalah yang menjadikan anak tersebut Yahudi atau Nasrani atau Majusi”. Penjelasan dari hadist di atas menegaskan bahwa sesungguhnya setiap anak yang dilahirkan itu laksana sebuah kertas putih yang polos dan bersih. Ia tidak mempunyai dosa dan kesalahan serta keburukan yang membuat kertas itu menjadi hitam. Oleh sebab itu ajaran  Islam sangat menekankan pendidikan anak dimulai sejak anak tersebut berada dalam kandungan dan salah satu momen yang penting adalah ketika jabang bayi akan lahir dan setelah ibunya melahirkannya.
Pendidikan sejak dini merupakan salah satu kunci mengatasi keterpurukan bangsa, khususnya dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang handal dimasa datang. Pendidikan pada anak mulai diberikan secara lebih intensif ketika ia telah dilahirkan. Cara mendidik yang kurang tepat dan terarah dari kedua orang tuanya, atau karena anak terpengaruh dengan lingkungannya, menyebabkan karakter anak bisa berwarni-warni: berperangai buruk, tidak taat kepada kedua orang tuanya dan tidak mau berbakti kepada Allah SWT.
Setiap anak memiliki kemampuan tak terbatas dalam belajar yang telah ada dalam dirinya untuk dapat berpikir kreatif dan produktif. Apabila anak distimulasi sejak dini, maka akan ditemukan jenius (potensi paling baik/unggul) dalam dirinya. Oleh karena itu, anak memerlukan program pendidikan yang mampu membuka kapasitas tersembunyi tersebut melalui pembelajaran bermakna seawal mungkin. Bila potensi pada diri anak tidak pernah terealisasikan, maka itu berarti anak telah kehilangan peluang dan momentum penting dalam hidupnya, dan pada gilirannya negara akan kehilangan sumber daya manusia terbaiknya.

 Bagi orang tua yang memiliki anak usia sekolah dini (2-4 tahun) bulan Juni-juli adalah bulan sibuk untuk mencari dan memasukkan mereka dan ini adalah awal bagi si kecil belajar bersosialisasi. Semakin menjamurnya lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengharuskan orang tua selektif dan bijaksana dalam memberikan keputusan bagi anaknya. Kesalahan melangkah akan berakibat fatal dan menyebabkan penyesalan dikemudian hari.
Pada prinsipnya anak-anak dimana pun dan kapan pun berada suka bermain. Pilihlah Lembaga PAUD yang dapat mengeksplorasi bakat dan minat anak sehingga kemampuannya dapat dikembangkan dengan tepat.
Semakin pesatnya arus globalisasi menyebabkan orang tua memiliki tuntutan yang sangat tinggi pada anaknya. Dalam beberapa kesempatan penulis masih mendapati sikap orang tua yang instan, yakni menginginkan buah hatinya cakap dalam segala hal… Berhati-hatilah dan renungkan… Apa yang diharapkan dari anak usia 2-4 tahun? jika orang tua mengharap anak seusia tersebut sudah bisa membaca, menulis, dan berhitung alangkah naifnya... Apalah arti kebanggaan dan kesuksesan yang telah dicapai anak bagi orang tuanya apabila nantinya mengakibatkan kerusakan syaraf-syaraf otak si kecil... Beberapa pengalaman yang pernah ditemui adalah anak mulai malas untuk bersekolah pada saat masuk SD gejala ini tampak saat anak masuk di kelas 4 SD, emosi dan kecerdasannya labil, bahkan yang paling ekstrim adalah anak enggan bersekolah karena otaknya sudah terkuras dan mengalami penekanan saat dia masuk PAUD. 
Materi bermain yang menyenangkan bagi anak mungkin belum mengenal konsep belajar, namun dengan banyaknya bermain mereka akan mendapatkan beberapa pengetahuan baru sekaligus. Inilah yang disebut sebagai bermain sambil belajar.
Pilihlah PAUD yang memberikan kurikulum yang sesuai dengan umur anak usia dini. Jika pemilihan sekolah tepat, maka Pendidikan Anak Usia Dini akan membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak sehingga memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 
Anggapan bahwa pendidikan itu baru bisa dimulai setelah Sekolah Dasar (7 tahun) ternyata tidak benar, bahkan pendidikan yang dimulai pada usia TK (4-6 tahun) pun sebenarnya sudah terlambat karena sebenarnya pendidikan itu bisa dimulai sejak anak lahir bahkan sejak dalam kandungan.
Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan moral.
Pada usia 2-3 tahun, sebaiknya tidak memasukkan teori-teori apalagi mengajarkan calistung, tetapi lebih pada praktek yang melibatkan anak sendiri dan didampingi oleh orang tua.
Kegiatan itu diantaranya: menangkap dan melempar bola, mendengar aba-aba (lari, jalan, berhenti), naik turun tangga, meniti tali (seolah-olah bibuat sebagai jembatan, bermain kereta api melewati terowongan, mendorong kursi, berlari dan memondahkan benda, bernyanyi sambil bergaya, menyusun balok (puzzle), berlari, merangkak, melompat, berjalan mundur, zig-zag. Adapun kegiatan melatih motorik halus meliputi aktifitas seperti mewarnai, menabur, meronce, menempel bersama bunda, klasifikasi benda berdasarkan bentuk maupun warna.
Kegiatan belajar umur 2-3 tahun adalah mengajarkan anak bagaimana ia harus bisa mendengarkan perintah. Anak-anak harus terbiasa melakukan perintah dari sang buinda misalnya berbaris, antri, bergantian dll. Hal ini harus dilakukan terus secara berulang-ulang. Bagi perkembangan anak pengulangan kebiasaan itu sangatlah penting. Ini dapat menjadi bekal sebagai persiapan mereka untuk masuk ke kelas yang lebih besar. Berdasarkan pengalaman anak-anak yang tidak melalui kelas 2-3 tahun rata-rata mengalami kesulitan menyesuaiakan diri dikelas besar 3-4 th.
Adapun kendala yang biasa dihadapi biasanya berkaitan dengan orang tua murid. Banyak orang tua yang merasa proses belajar usia 2-3 th ini seolah tidak ada artinya. Karena anak hanya diberi waktu bermain saja. Namun kita harus dapat menyadari bahwa  justru pada usia inilah proses belajar itu bermula. Melalui aneka permainan anak dapat menyerap maknanya. Bahkan anak-anak yang kelihatannya hanya melihat saja tanpa melakukan apa-apa itu juga bisa disebut sebagai proses belajar, karena mereka merekam apa saja yang dilihatnya dalam memori ingatan meareka.
Beberapa kegiatan belajar sambil bermain yang ditawarkan pada Lembaga pendidikan anak usia dini diantaranya :


1.Pembentukan  perilaku  & pengembangan  kemampuan  dasar, meliputi kegiatan kognitif, kreatifitas, sosial emosional, fisik motorik keimanan, ketakwaan dan budi pekerti. Diharapkan jika anak sudah ditanamkan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar tersebut kelak karakter anak diharapkan dapat sesuai dengan yang didambakan orang tuanya.


2. Bagi yang beragama Islam, IMTAQ adalah pelajaran dasar yang wajib diberikan terhadap anak usia dini. Kegiatan ini misalnya : membudayakan mengucapkan salam, hadist aplikatif, doa sehari-hari, surat-surat pendek dalam Al-Quran, bacaan shalat, aqidah, ibadah dan akhlaq.Dalam hal menghafal usahakan suasana yang menyenangkan dan tanpa paksaan yang berlebihan. Kuantitas hafalan juga desesuaikan dengan kemampuan tiap anak. Apabila jumlah materi yang diberikan terlalu berlebihan akan maembuat anak bosan.


3. Kegiatan dan fasilitas penunjang diantaranya pengenalan lingkungan, percobaan sederhana, mainan anak, pengenalan bahasa terpilih misalnya bahasa Arab dan Inggris serta jangan lupa maengajarkan bahasa lokal.

 

Sunday, November 25, 2012

ORIGAMI (SENI MELIPAT KERTAS) ANAK PAUD

       Melipat kertas merupakan kegiatan yang disukai anak-anak. Kegiatan melipat atau origami ini berasal dari bahasa Jepang: oru (melipat) dan kami (kertas).
      Melipat sangat bermanfaat untuk perkembangan motorik anak. Melipat dapat melatih kekuatan tangan anak (motorik halus). Dengan melipat mereka juga bebas berimajinatif serta mengungkapkan ekspresi dari imajinasinya.
      Biasanya melipat dikenalkan ketika anak memasuki taman kanak-kanak (4-6 tahun) atau bahkan usia Play Group/Kelompok Bermain (2-4 tahun. Untuk anak usia 2-4 tahun pilihkan seni melipat yang sederhana, tidak terlalu rumit. Kebanyakan dari anak usia tersebut mudah menyerah, berkata tidak bisa dan menganggap sulit contoh yang ditugaskan. Untuk anak usia 3-4 tahun diusahakan kegiatan melipat ini tidak lebih dari 5-7 langkah agar anak tidak kesulitan mengikuti.
      Pada tahap permulaan orangtua dapat mengenalkan di rumah dengan membuat lipatan-lipatan sederhana dan umum, misalnya membuat kapal terbang, perahu, topi atau yang sedikit rumit misalnya burung, kelinci dan ikan.
    Yang menarik dari kegiatan yang murah meriah ini adalah dibutuhkannya kesabaran, konsentrasi dan kerapihan. Anak dituntut untuk sabar, bekerja setahap demi setahap dan melipat dengan rapi agar mendapatkan hasil yang baik. Tentunya kegiatan ini akan lebih mengasyikkan apabila hasil lipatan lalu dihias dengan menggunakan pinsil warna, pastel, spidol atau cat air.
     Selalu memberikan apresiasi kepada anak yang berhasil melipat dengan usahanya sendiri tanpa dibantu, karena ini akan menumbuhkan rasa percaya diri anak tersebut. Bagi anak yang menyerah dan “terlihat malas” bantulah mereka sampai pekerjaan yang ditugaskan selesai. Usahakan setiap anak menyelesaikan tugas yang telah diberikan. hal ini akan membantu anak agar kelak terbiasa menyelesaikan setiap tugas sampai selesai dilaksanakan.
    Kertas lipat terdapat bermacam-macam motif dan warna, dan sangat mudah dijumpai di toko-toko.. Selain itu kita juga bisa berhemat dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah atau limbah kertas yang berasal dari pembungkus, dll.




 




Saturday, November 24, 2012

MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 2-4 TAHUN



MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 2-4 TAHUN

No
Aspek Pengembangan
Indikator kemampuan pd kelompok usia
 2 - 3 tahun (A)
3 - 4 tahun (B)
1
Moral dan nilai-nilai agama (PAI)
1.      bersenandung lagu keagamaan
1.   mengikuti nyanyian lagu keagamaan
2.      mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan sikap berdoa
2.   mengikuti bacaan doa dengan lengkap sebelum melakukan kegiatan dan menirukan sikap berdoa
3.      menirukan gerakan beribadah
3    menirukan gerakan beribadah dengan tertib
4.      mendengarkan cerita tentang kebesaran Tuhan
4    Menyebutkan contoh ciptaan Tuhan secara sederhana
5.      menyayangi orang tua, orang disekeliling, teman, binatang dan tanaman.
5    menyayangi orang tua, orang disekeliling, teman, guru, pembantu, binatang dan tanaman.
6.      mengenal nama Tuhan (sesuai agama masing-masing)
6    menyebut nama Tuhan (sesuai agama masing-masing)
7.      merasakan, ditunjukkan rasa sayang cinta kasih melalui belaian/rangkulan.
7    merasakan, ditunjukkan rasa sayang cinta kasih melalui belaian/rangkulan.
8.      mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu (dengan dorongan)
8    mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu (diingatkan)
9.      mengucapkan salam
9    mengucapkan salam
10.  mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong)
10  mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong)
11  menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
12  menirukan kegiatan/pekerjaan orang dewasa.

2
Fisik (FM)
1.      berjalan stabil
2.      berjalan mundur
3.      naik-turun tangga dengan berpegangan
4.      memanjat
5.      berjalan mengikuti jejak secara lurus atau melingkar
6.      berlari tanpa jatuh
7.      mengikuti gerakan binatang
8.      menendang, menangkap dan melempar bola dari jarak dekat
9.      melompat dengan 2 kaki sekaligus
10.  masuk ke dalam gorong-gorong (meja, kursi yg disusun, kardus)
11.  membedakan permukaan 3 jenis benda melalui perabaan
12.  menuang (air, beras, biji-bijian)
13.  menunjuk mata boneka
14.  merobek lurus
15.  melipat kertas sembarangan
16.  membuat garis acat (mencoret-coret)
1.    berjalan dengan stabil  (keseimbangan tubuh semakin baik)
2    naik turun tangga tanpa berpegangan
3    memanjat
4    berjalan di titian dengan jarak 20 cm
5    berlari dengan stabil atau berlari ditempat
6    senam menirukan gerakan binatang
7    menendang, menangkat dan melempar bola dengan jarak lebih jauh
8    melompat dengan satu kaki bergantian
9    merayap dan merangkaklurus ke depan
10  berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung jari kaki)
11  membedakan permukaan 5 jenis benda melalui perabaan
12  menuang (air, biji-bijian) tanpa tumpah
13  memegang benda kecil dengan telunjuk dan ibu jari
14  Menggunting sembarangan
15  Melipat kertas mengikuti garis
16  membuat garis lurus, vertikal, melengkung

3
Bahasa (Bhs)
1.      mengenal suara-suara di sekitarnya (orang-orang terdekat, binatang, benda, dll) dan menirukan suara beberapa binatang
2.      menyatakan dalam kalimat pendek, 2-4 kata
3.      mengerti dan melaksanakan 1 perintah
4.      mengajukan pertanyaan
5.      menyebutkan nama benda
6.      tertarik pada gambar dalam buku

1    mengenal, menirukan dan mengetahui suara-suara benda dan binatang
2    menyatakan dengan 4-5 kata
3    mengerti dan melaksanakan 2 perintah
4    mengajukan pertanyaan lebih banyak
5    menyebutkan nama benda dan fungsi
7    minta dibacakan buku


4
Kognitif (kog)
1.      mengelompokkan benda yang sama
2.      mengelompokkan 2 bentuk (lingkaran dan bujur sangkar)
3.      membedakan besar-kecil
4.      membedakan rasa
5.      mengulang bilangan 1-5
6.      mengelompokkan warna (2 warna)

1  mengelompokkan benda yang sama dan sejenis
2  menyebutkan 4 bentuk (lingkaran, bujur sangkar, segi tiga, segi panjang)
3  membedakan besar kecil, panjang pendek (2 dimensi)
4  membedakan rasa
5  Membedakan bau
6  menyebutkan bilangan 1-10 tanpa mengenal konsep
7  mengelompokkan warna (> 5 warna) dan menyebutkan warna

5
Sosial-emosional (Se)
1.      mengenal etiket makan dan jadwal makan teratur
2.      mulai dapat berbagi
3.      mulai mahir menggunakan toilet (WC), dibantu/diingatkan
4.      dapat ditinggalkan orang tuanya
5.      dapat memilih kegiatan sendiri
6.      menunjukkan ekspresi wajah saat marah, sedih, takut
7.      menjadi pendengar yang baik
8.      latihan membereskan alat permainan
1  mengenal etiket makan dan jadwal makan teratur
2  terbiasa dengan berbagi
3  terbiasa menggunakan toilet (WC)
4  tidak menangis jika berpisah dengan orang tuanya
5  dapat memilih kegiatan sendiri
6  menunjukkan ekspresi wajah saat marah, sedih, takut
7  menjadi pendengar dan pembicara yang baik
8  membereskan mainan setelah selesai bermain
9  Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri
10    mengenal peraturan dan megikuti peraturan
11   mengerti akibat jika melakukan kesalahan/melanggar aturan
12    memiliki kebiasaan teratur

6
Seni (Sn)
1.      mendengarkan musik dan mengikuti irama
2.      bertepuk tangan dengan variasi
3.      memukul-mukul benda dengan tangan
1  menggerakkan tangan jika mendengar musik
2  menyanyikan bagian lagu sesuai irama
3  bertepuk tangan membentuk irama
4  membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
5  melukis dengan jari



MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN

No
Aspek Pengembangan
Indikator kemampuan pd kelompok usia
> 4-5 tahun (A)
5-6 tahun (B)
1
Moral dan nilai-nilai agama (PAI)
1.      Menyanyikan lagu keagamaan
2.      berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan sikap berdoa
3.      dapat melakukan gerakan beribadah
4.      membedakan ciptaan Tuhan dengan buatan manusia
5.      menyayangi orang tua, orang disekeliling, teman, guru, pembantu, binatang dan tanaman
6.      mengenal/memahami sifat-sifat Tuhan (Maha Pengasih dll
7.      merasakan/ditunjuk rasa sayang, cinta kasih melalui belaian/rangkulan
8.      selalu mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu
9.      mengucapkan salam
10.  mengucapkan kata2 santun (maaf, tolong)
11.  menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
12.  membantu pekerjaan ringan orang dewasa

1.      Menyanyikan lagu keagamaan
2.      Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan yang dilakukan dengan sikap yang benar
3.      dapat melakukan ibadah
4.      membedakan ciptaan Tuhan dengan buatan manusia
5.      menyayangi semua ciptaan Tuhan dan menunjukkan perilaku memelihara citaan Tuhan
6.      menunjukkan perilaku atas dasar keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Tahu yang mendengar
7.      merasakan/ditunjukkan rasa sayang cinta kasih melalui belaian/rangkulan
8.      selalu megucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu
9.      mengucapkan salam
10.  mengucapkan kata2 santun (maaf, tolong)
11.  menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
12.  menolong teman dan orang dewasa

2
Fisik
1.      berjalan dengan berbagai variasi (maju, mundur, ke samping, diatas satu garis)
2.      naik turun tangga tanpa berpegangan
3.      memanjat dan bergelantungan/berayun
4.      berjalan diatas papan titian (keseimbangan tubuh) 40 cm
5.      berlari dengan stabil
6.      senam dengan gerakan sendiri
7.      menendang, manangkap dan melempar bola dengan jarak 3-4 cm
8.      melompati parit/guling
9.      merayap dan merangkak lurus ke depan
10.  berjingkat
11.   
1.      berjalan dengan berbagai variasi lebih lancar
2.      naik turun tangga tanpa berpegangan
3.      memanjat dan berayun
4.      berjalan di atas papan titian dengan membawa benda
5.      berlari luurus
6.      senam dengan gerakan sendiri
7.      menendang, menangkap dan melempar bola denganjarak lebih jauh serta bermain bola keranjang
8.      melompat dengan 1 dan 2 kaki secara bervariasi
9.      merangkap dan merayap dengan berbagai variasi


Kesehatan dan Gizi

Gizi seimbang
o       makanan keluarga dengan gizi seimbang
o       biasakan makan sayur dan buah
o       pemberian kapsul vit A
*  makanan keluarga dengan gizi seimbang
*  biasakan makan sayur dan buah
* pemberian kapsul vit A
2
Deteksi dini pertumbuhan anak
o       timbang BB secara teratur, ukur TB/PB
o       deteksi kemampuan berdiri dengan 1 kakitanpa berpegangan dan melepas pakaian sendiri
o       deteksi keseimbangan otak, mata
o       anak mandi dengan benarkebersihan lingkungan anak
o       perawatan gigi & mulut
o        

Lagu Anak PAUD - PRESCHOOL Kids Song Lyrics

Berikut di bawah ini adalah beberapa lirik lagu (Indonesia, Inggris dan Jawa/tembang dolanan anak yang familiar dinyanyikan anak PAUD)


 Berdoa
Tanganku ada 2
Lima-lima jarinya
Kuangkat keduanya
Lalu aku berdoa

Bola
Ada bola menggelinding, menggelinding, menggelinding
Ada bola yang memantul, yang memantul, yang memantul
Aku suka main bola, bola menggelinding dan memantul

Panca Indera (nada “Balonku”)
Allah maha Pencipta.. Membuat panca indera
Semua ada lima  Ciptaan yang berguna
Mata untuk melihat   Hidung untuk mencium
Telinga untuk mendengar  Lidah untuk merasa
Kulit untuk meraba  Itulah panca indera
Ciptaan yang kuasa   Allah… Allahu akbar

 Mengenal Jari Tangan (nada “sedang apa”)
Jari jempol, dan telunjuk, jari tengah yang panjang
Jari manis untuk cincin, jari kelingking kusayang
Kuberhitung satu, dua, tiga, empat, dan lima
Enam, tujuh dan delapan, sembilan dan sepuluh

Jari tanganku
Ibu jari berkata
telunjuk yang kedua
jari tengah ketiga
keempat jari manis
kelima jari kelingking
syalala lala lahe...syalala lala lahe... 
syalala lala lahe...syalala lala lahe...


Gajah dan Semut
Ada gajah ada gajah
Berkata dengan gagah
Akulah pemberani ku injak dengan kaki
Pasti kau akan mati
Ada semut ada semut
Berkata tidak takut
Akulah pemberani kau injak dengan kaki
Kumasuk lubang kaki
Reff : Gajah dan semut bercanda
Tapi semut lebih pintar
Gajah besar tak berdaya
Semut kecil masuk telinga

Rukun Islam dan Rukun Iman
Rukun Islam ada 5 
Pertama ucap dua kalimat syahadat
Keduanya sholat
Ketiga berpuasa
Keempat bayar zakat
Kelima naik haji
   Rukun iman ada enam
   Percaya Allah percaya pada malaikat
   Percaya kitab Allah serta nabi dan rosul
   Percaya kiamat qadha dan qodar
Rukun Islam harus dikerjakan
Rukun iman diyakini  2x

Nama-nama Sholat (lagu "Bangun Tidur')
Sholat shubuh di pagi hari
Sholat dhuhur di siang hari
Sholat ashar di sore hari
Magrib isya di malam hari 

Arah Mata Angin
Timur tenggara selatan barat-daya
Barat barat-laut utara timur-laut

Naik Becak
saya mau tamasya berkeliling keliling kota
hendak melihat-lihat keramaian yang ada
saya panggilkan becak kereta tak berkuda becak,
becak, coba bawa saya
   saya duduk sendiri sambil mengangkat kaki
   melihat dengan asyik ke kanan dan ke kiri
   lihat becakku lari bagaikan tak berhenti
   becak, becak, jalan hati-hati 


Kupu-Kupu
Kupu-kupu yang lucu
kemana engkau terbang
Hilir-mudik mencari
Bunga-bunga yang kembang
Berayun-ayun
Pada tangkai yang lemah
Tidakkah sayapmu
Merasa lelah
Kupu-kupu yang elok
Bolehkah saya serta
Mencium bunga-bunga
Yang semerbak baunya
Sambil bersenda-senda
Semua kuhampiri
Bolehkah kuturut
  
Hujan
Tik tik tik bunyi hujan di atas genting
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan ranting
Pohon dan kebun basah semua

Tik tik tik bunyi hujan bagai bernyanyi
Saya dengarkan tidaklah jemu
Kebun dan jalan semua sunyi
Tidak seorang berani lalu
   Tik tik tik hujan turun dalam selokan
   Tempatnya itik berenang-renang
   Bersenda gurau meyelam-nyelam
   Karena hujan berenang-renang

Menanam Jagung
Ayo kawan kita bersama
Menanam jagung di kebun kita
Ambil cangkulmu ambil pangkurmu
Kita bekerja tak jemu-jemu
Cangkul cangkul cangkul yang dalam
Tanah yang longgar jagung kutanam

Beri pupuk supaya subur
Tanamkan benih dengan teratur
Jagungnya besar lebat buahnya
Tentu berguna bagi semua
Cangkul cangkul aku gembira
Menanam jagung di kebun kita 


Awan
Kulihat awan
Seputih kapas
Arak berarak dilangit luas
Andai kudapat
Kesana terbang
Akan kuraih kubawa pulang

LAYANG-LAYANG 
Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang-layang
Bermain berlari
Bermain layang-layang
Berlari kubawa ke tanah lapang
Hatiku riang dan senang 

Kring Kring
Kring-kring-kring ada sepeda
Sepedaku roda tiga
Kudapat dari ayah
karena rajin belajar
Tok-tok-tok ada sepatu
Sepatuku kulit lembu
Kudapat dari ibu
karena rajin membantu

Ular Naga Panjangnya
Ular naga panjangnya bukan kepalang
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang


Aku dan Kamu
Aku dan kamu saling berkacak pinggang
Aku dan kamu saling berpandang mata
aku dan kamu saling berjabat tangan
Aku dan kamu berpelukan

Buka tutup
Buka-tutup buka -tutup bertepuk tangan.. plok-plok-plok
Buka-tutup buka -tutup bertepuk tangan.. plok..plok...plok
Digeleng-geleng.. digeleng-geleng... sambil tertawa... haha
Digeleng-geleng... digeleng..geleng... sambil teriak
Horeeee.... 

Pengemudi kendaraan
Yang menjalankan mobil sopir namanya
yang menjalankan pesawat pilot namanya
yang menjalankan kereta masinis...
yang menjalankan kapal laut nahkoda... 

Kulihat  kendaraan
Kulihat pesawat dibandara
kulihat kapal dipelahuhan
kulihat  kereta di setasiun
Mobil, bis motor dijalan raya   

Mengenal posisi
Atas itu atas bawah itu bawah
atas atas bawah bawah aku tidak lupa
     Kanan itu kanan kiri itu kiri
     kanan kanan kiri kiri aku tidak lupa

 Naik-naik ke puncak gunung

Naik-naik ke puncak gunung tinggi tinggi sekali
Turun turun dari puncak gunung rendah rendah sekali
kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara
Kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara

 Maju Mundur

Maju maju maju
mundur mundur mundur
kanan kiri bergantian
lompat jongkok kaki berjinjit
berputar sambil bertepuk tangan


 Mengenal posisi
Tangan kanan ke depan ke belakang
depan belakang lalu goyangkan
lakukan seperti ini dan berputarlah mudah kan caranya
       Tangan kiri ke depan ke belakang
       depan belakang lalu goyangkan
       lakukan seperti ini dan berputarlah mudah kan caranya
kaki kanan ke depan ke belakang
depan belakang lalu goyangkan
lakukan seperti ini dan berputarlah mudah kan caranya
       kaki kiri ke depan ke belakang
      depan belakan lalu goyangkan
       lakukan seperti ini dan berputarlah mudah kan caranya

 Kalimat Thoyyibah (Nada "lingkaran kecil, lingkaran besar)
Ucapkan takbir ucapkan takbir 
Allahu akbar 
Ucapkan takbir ucapkan takbir
Allah ya maha Besar
Allah ya maha besar
    Ucapkan tasbih ucapkan tasbih
    Subhanallah
    Ucapkan tasbih ucapkan tasbih
    Segala puji bagiMu Allah
    Segala puji bagiMu Allah
Ucapkan tahmid ucapkan tahmid
Alhamdulillah
Ucapkan tahmid ucapkan tahmid
Segala puji bagiMu Allah
Segala puji bagiMu Allah


Twinkle, Twinkle, Little Star
Twinkle, twinkle little star
How I wonder what you are
Up above the world so high,
Like a diamond in the sky
Twinkle, twinkle little star
How I wonder what you are



WALKING
Walking ..walking..walking ..walking
jump... jump... jump... jump..
Runing runing runing runing runing runing
Let’s stop now…. let’s stop now
   Jalan… jalan… jalan… jalan
   Melompat…..melompat…….
   Lari…..lari….lari…..lari…lari…lari..
   Berhenti…berhenti…..

Row, Row, Row, Your Boat
Row, row, row your boat
Gently down the stream.
Merrily, merrily, merrily, merrily,
Life is but a dream.

Hickory dickory dock
Hickory dickory dock,
The mouse ran up the clock.
The clock struck one,
And down he run,
Hickory dickory dock.



Anggota tubuh (bahasa jawa) nada: nama-nama hari
Sirah mustaka rambut rekma
mripat soca irung iku grana
Alis rimba untu waja
gulu iku jangga tangan iku asta
kuping talingan udel puseran
weteng padaran sikil iku samparan


SLUKU-SLUKU BATOK
Sluku-sluku bathok
Bathoke ela-elo
sluku bathok
Bathoke ela-elo
Si Rama menyang Solo
Oleh-olehe payung motha
Mak jenthit lolo lobah
Wong mati ora obah
Nek obah medeni bocah
Nek urip goleka dhuwit.

Ilir-Ilir
Lir-ilir, lir-ilir
Tandure wus sumilir
Tak ijo royo-royo
Tak sengguh temanten anyar
Cah angon, cah angon
Penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu penekno
Kanggo mbasuh dodotiro
Dodotiro, dodoiro
Kumitir bedah ing pinggir
Dondomono, jlumatono
Kanggo sebo mengko sore
Mumpung padhang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Yo sorako, sorak iyo!!

Padhang Bulan
Yo prakanca dolanan ing njaba
Padhang mbulan padhangé kaya rina
Rembulané kang ngawé-awé
Ngélikaké aja turu soré-soré

Jaranan
Jaranan- jaranan, jarane jaran teji
Sing numpak ndoro bei
sing ngiring para mentri
Jeg-jeg nong, jreg-jreg gung
Jeg-jeg gedebuk krincing
Gedebug jedher
Gedebug krincing
Jeg-jeg gedebuk jedher

MENTHOK-MENTHOK
Menthok-menthok tak kandhani
Mung solahmu angisin-isini
Bokya aja ndheprok
Ana kandhang wae
Enak-enak ngorok
Ora nyambut gawe
Methok-menthok
Mung lakumu megal-megol gawe guyu

GUNDUL-GUNDUL PACUL
Gundul-gundul pacul..cul, gemelelengan
Nyunggi-nyunggi wakul...kul, gemelelengan
Wakul ngglimpang, segane dadi sakratan
Wakul ngglimpang, segane dadi sakratan

DHONDHONG APA SALAK
Dhondhong apa salak
Dhuku cilik-cilik
Andhong apa mbecak
Mlaku dimik-dimik