Saturday, November 24, 2012

MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 2-4 TAHUN



MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 2-4 TAHUN

No
Aspek Pengembangan
Indikator kemampuan pd kelompok usia
 2 - 3 tahun (A)
3 - 4 tahun (B)
1
Moral dan nilai-nilai agama (PAI)
1.      bersenandung lagu keagamaan
1.   mengikuti nyanyian lagu keagamaan
2.      mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan sikap berdoa
2.   mengikuti bacaan doa dengan lengkap sebelum melakukan kegiatan dan menirukan sikap berdoa
3.      menirukan gerakan beribadah
3    menirukan gerakan beribadah dengan tertib
4.      mendengarkan cerita tentang kebesaran Tuhan
4    Menyebutkan contoh ciptaan Tuhan secara sederhana
5.      menyayangi orang tua, orang disekeliling, teman, binatang dan tanaman.
5    menyayangi orang tua, orang disekeliling, teman, guru, pembantu, binatang dan tanaman.
6.      mengenal nama Tuhan (sesuai agama masing-masing)
6    menyebut nama Tuhan (sesuai agama masing-masing)
7.      merasakan, ditunjukkan rasa sayang cinta kasih melalui belaian/rangkulan.
7    merasakan, ditunjukkan rasa sayang cinta kasih melalui belaian/rangkulan.
8.      mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu (dengan dorongan)
8    mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu (diingatkan)
9.      mengucapkan salam
9    mengucapkan salam
10.  mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong)
10  mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong)
11  menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
12  menirukan kegiatan/pekerjaan orang dewasa.

2
Fisik (FM)
1.      berjalan stabil
2.      berjalan mundur
3.      naik-turun tangga dengan berpegangan
4.      memanjat
5.      berjalan mengikuti jejak secara lurus atau melingkar
6.      berlari tanpa jatuh
7.      mengikuti gerakan binatang
8.      menendang, menangkap dan melempar bola dari jarak dekat
9.      melompat dengan 2 kaki sekaligus
10.  masuk ke dalam gorong-gorong (meja, kursi yg disusun, kardus)
11.  membedakan permukaan 3 jenis benda melalui perabaan
12.  menuang (air, beras, biji-bijian)
13.  menunjuk mata boneka
14.  merobek lurus
15.  melipat kertas sembarangan
16.  membuat garis acat (mencoret-coret)
1.    berjalan dengan stabil  (keseimbangan tubuh semakin baik)
2    naik turun tangga tanpa berpegangan
3    memanjat
4    berjalan di titian dengan jarak 20 cm
5    berlari dengan stabil atau berlari ditempat
6    senam menirukan gerakan binatang
7    menendang, menangkat dan melempar bola dengan jarak lebih jauh
8    melompat dengan satu kaki bergantian
9    merayap dan merangkaklurus ke depan
10  berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung jari kaki)
11  membedakan permukaan 5 jenis benda melalui perabaan
12  menuang (air, biji-bijian) tanpa tumpah
13  memegang benda kecil dengan telunjuk dan ibu jari
14  Menggunting sembarangan
15  Melipat kertas mengikuti garis
16  membuat garis lurus, vertikal, melengkung

3
Bahasa (Bhs)
1.      mengenal suara-suara di sekitarnya (orang-orang terdekat, binatang, benda, dll) dan menirukan suara beberapa binatang
2.      menyatakan dalam kalimat pendek, 2-4 kata
3.      mengerti dan melaksanakan 1 perintah
4.      mengajukan pertanyaan
5.      menyebutkan nama benda
6.      tertarik pada gambar dalam buku

1    mengenal, menirukan dan mengetahui suara-suara benda dan binatang
2    menyatakan dengan 4-5 kata
3    mengerti dan melaksanakan 2 perintah
4    mengajukan pertanyaan lebih banyak
5    menyebutkan nama benda dan fungsi
7    minta dibacakan buku


4
Kognitif (kog)
1.      mengelompokkan benda yang sama
2.      mengelompokkan 2 bentuk (lingkaran dan bujur sangkar)
3.      membedakan besar-kecil
4.      membedakan rasa
5.      mengulang bilangan 1-5
6.      mengelompokkan warna (2 warna)

1  mengelompokkan benda yang sama dan sejenis
2  menyebutkan 4 bentuk (lingkaran, bujur sangkar, segi tiga, segi panjang)
3  membedakan besar kecil, panjang pendek (2 dimensi)
4  membedakan rasa
5  Membedakan bau
6  menyebutkan bilangan 1-10 tanpa mengenal konsep
7  mengelompokkan warna (> 5 warna) dan menyebutkan warna

5
Sosial-emosional (Se)
1.      mengenal etiket makan dan jadwal makan teratur
2.      mulai dapat berbagi
3.      mulai mahir menggunakan toilet (WC), dibantu/diingatkan
4.      dapat ditinggalkan orang tuanya
5.      dapat memilih kegiatan sendiri
6.      menunjukkan ekspresi wajah saat marah, sedih, takut
7.      menjadi pendengar yang baik
8.      latihan membereskan alat permainan
1  mengenal etiket makan dan jadwal makan teratur
2  terbiasa dengan berbagi
3  terbiasa menggunakan toilet (WC)
4  tidak menangis jika berpisah dengan orang tuanya
5  dapat memilih kegiatan sendiri
6  menunjukkan ekspresi wajah saat marah, sedih, takut
7  menjadi pendengar dan pembicara yang baik
8  membereskan mainan setelah selesai bermain
9  Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri
10    mengenal peraturan dan megikuti peraturan
11   mengerti akibat jika melakukan kesalahan/melanggar aturan
12    memiliki kebiasaan teratur

6
Seni (Sn)
1.      mendengarkan musik dan mengikuti irama
2.      bertepuk tangan dengan variasi
3.      memukul-mukul benda dengan tangan
1  menggerakkan tangan jika mendengar musik
2  menyanyikan bagian lagu sesuai irama
3  bertepuk tangan membentuk irama
4  membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
5  melukis dengan jari



MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN

No
Aspek Pengembangan
Indikator kemampuan pd kelompok usia
> 4-5 tahun (A)
5-6 tahun (B)
1
Moral dan nilai-nilai agama (PAI)
1.      Menyanyikan lagu keagamaan
2.      berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan sikap berdoa
3.      dapat melakukan gerakan beribadah
4.      membedakan ciptaan Tuhan dengan buatan manusia
5.      menyayangi orang tua, orang disekeliling, teman, guru, pembantu, binatang dan tanaman
6.      mengenal/memahami sifat-sifat Tuhan (Maha Pengasih dll
7.      merasakan/ditunjuk rasa sayang, cinta kasih melalui belaian/rangkulan
8.      selalu mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu
9.      mengucapkan salam
10.  mengucapkan kata2 santun (maaf, tolong)
11.  menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
12.  membantu pekerjaan ringan orang dewasa

1.      Menyanyikan lagu keagamaan
2.      Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan yang dilakukan dengan sikap yang benar
3.      dapat melakukan ibadah
4.      membedakan ciptaan Tuhan dengan buatan manusia
5.      menyayangi semua ciptaan Tuhan dan menunjukkan perilaku memelihara citaan Tuhan
6.      menunjukkan perilaku atas dasar keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Tahu yang mendengar
7.      merasakan/ditunjukkan rasa sayang cinta kasih melalui belaian/rangkulan
8.      selalu megucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu
9.      mengucapkan salam
10.  mengucapkan kata2 santun (maaf, tolong)
11.  menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
12.  menolong teman dan orang dewasa

2
Fisik
1.      berjalan dengan berbagai variasi (maju, mundur, ke samping, diatas satu garis)
2.      naik turun tangga tanpa berpegangan
3.      memanjat dan bergelantungan/berayun
4.      berjalan diatas papan titian (keseimbangan tubuh) 40 cm
5.      berlari dengan stabil
6.      senam dengan gerakan sendiri
7.      menendang, manangkap dan melempar bola dengan jarak 3-4 cm
8.      melompati parit/guling
9.      merayap dan merangkak lurus ke depan
10.  berjingkat
11.   
1.      berjalan dengan berbagai variasi lebih lancar
2.      naik turun tangga tanpa berpegangan
3.      memanjat dan berayun
4.      berjalan di atas papan titian dengan membawa benda
5.      berlari luurus
6.      senam dengan gerakan sendiri
7.      menendang, menangkap dan melempar bola denganjarak lebih jauh serta bermain bola keranjang
8.      melompat dengan 1 dan 2 kaki secara bervariasi
9.      merangkap dan merayap dengan berbagai variasi


Kesehatan dan Gizi

Gizi seimbang
o       makanan keluarga dengan gizi seimbang
o       biasakan makan sayur dan buah
o       pemberian kapsul vit A
*  makanan keluarga dengan gizi seimbang
*  biasakan makan sayur dan buah
* pemberian kapsul vit A
2
Deteksi dini pertumbuhan anak
o       timbang BB secara teratur, ukur TB/PB
o       deteksi kemampuan berdiri dengan 1 kakitanpa berpegangan dan melepas pakaian sendiri
o       deteksi keseimbangan otak, mata
o       anak mandi dengan benarkebersihan lingkungan anak
o       perawatan gigi & mulut
o        

No comments:

Post a Comment